Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi yaitu guru masih menggunakan metode konvensional dengan memberikan tugas yang dikerjakan oleh siswa di rumah dan guru belum maksimal dalam menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, siswa, hasil belajar SBdP (Seni Budaya dan Prakarya) materi Kolase pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN Kamal 1 dan kendala yang terjadi setelah menerapkan media video. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas IVB berjumlah 20 siswa yaitu 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, tes dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes berupa pola gambar dan soal-soal serta catatan lapangan.
Teknik analisis yang digunakan untuk instrumen observasi aktivitas guru dan siswa menggunakan keterlaksanaan dan ketercapain pembelajaran dengan indikator keberhasilan ≥ 80. Teknik analisis instrumen tes untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan rata-rata pencapaian KKM dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal >70, sedangkan teknik analisis catatan lapangan berupa catatan terkait kendala-kendala yang terjadi dalam bentuk deskripsi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapai 96,5% dengan nilai ketercapaian 72,5 dan siklus II mencapai 100% dengan nilai ketercapaian 92,5. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 95% dengan nilai ketercapaian 70 dan siklus II mencapai 100% dengan nilai ketercapaian 92,5. Rata-rata hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I mencapai 84 dengan 90% siswa yang tuntas dan siklus II mencapai 97 dengan 100% siswa yang tuntas. Sedangkan Rata-rata hasil belajar siswa ranah keetrampilan pada siklus I mencapai 75 dan siklus II mencapai 85 dengan 100% siswa yang tuntas. Kendala pada siklus I dapat teratasi dengan baik pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan penerapan media video dalam muatan pembelajaran SBdP materi kolase pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN Kamal 1 sudah berhasil.
This research is in the background behind the problems taht occur, namely the teacher is still using conventional methods by giving assigments done by students at home and the teacher has not been maximal is using learning media. This research aims to describe the activities of teacher, students, learning outcomes of the SBdP (Arts Culture and Craft) of collage material on thematic learning in 4th grade students of SDN Kamal 1 and the obstacles that occur after applying video media. The type of research used was classroom action research with the subjects of IVB class students totaling 20 students, namely 8 male students and 12 female students. Data collection techniques used observation of teacher activities, student activities, tests and field notes. the instruments used were teacher activity observation sheets, student activity observation sheets, test sheets in the form of drawing patterns and questions and field notes.
Analytical techniques used for observation instruments are teacher and student activities using the implementation and achievement of learning with a success indicator of ≥ 80. the technique of analyzing test instruments to measure student learning outcomes using the average KKM achievement and the percentage of mastery learning in classical of >70, while the technique of field record analysis in the form of notes related to constraints that occur in the form of descriptions
The results showed that teacher activity in the first cycle reached 96.5% with achievement values of 72.5 and the second cycle reaching 100% with achievement scores of 92.5. while the activities of students in the first cycle reached 95% with the achievement of 70 and the second cycle reaching 100% with the achievement of 92.5. the average student cognitive learning outcomes in the first cycle reached 84 with 90% of students completing and the second cycle 97 with 100% students completing, while the average psychomotor student learning outcomes in the first cycle reached 75 and the second cycle reached 85 with 100% students completing. constraints in the first cycle can be overcome well in the second cycle. So, it can be concluded that the application of video media in the content of SBDP learning collage material on thematic learning in grade IV ELmentary School Kamal 1 students has succeeded.