Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-Book berbasis literasi sains yang layak (valid, praktis, dan efektif). Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan menggunakan model Hannafin & Peck dengan tiga tahapan umum yaitu penilaian kebutuhan, desain, dan pengembangan beserta implementasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi, angket, observasi, dan tes dengan subjek 36 peserta didik kelas XI MIA-3 di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Validitas e-Book ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, bahasa, dan media. Kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan dan kendala pembelajaran serta kemampuan literasi sains peserta didik berbasis proses. Keefektifan ditinjau dari hasi pretest dan posttest serta respon peserta didik. Semua aspek penilaian validitas, keterlaksanaan pembelajaran, literasi sains berbasis proses, dan respon peserta didik menggunakan skala Likert. E-Book literasi sains dinyatakan layak apabila persentase semua kriteria kelayakan ≥61%. Hasil penelitian menunjukkan 1)Persentase validitas pembelajaran 85,87% dengan kategori sangat valid, persentase validitas materi 92,26% dengan kategori sangat valid, persentase validitas bahasa 90,27% dengan kategori sangat valid, dan persentase validitas media 90,90% dengan kategori sangat valid; 2)Persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 85,34% dengan kategori sangat praktis, dan persentase literasi sains berbasis proses sebesar 88,54% dengan kategori sangat praktis; 3)Peningkatan kemampuan literasi sains berbasis tes diperoleh dari skor n-Gain dan uji t-berpasangan, diperoleh rata-rata skor n-Gain 0,4653 dengan kategori sedang, dan diperoleh nilai thitung sebesar 15,021 dengan kesimpulan thitung > ttabel sehingga terjadi peningkatan kemampuan literasi sains yang signifikan, dan persentase respon peserta didik sebesar 85,80% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian Elisa yang dihasilkan layak digunakan untuk melatihkan kemampuan literasi sains peserta didik.
Kata Kunci: e-Book, literasi sains.
This research intend to produce e-Book based of a proper scientific literacy (valid, practical, and effective). Kind of this research is development research used Hannafian & Peck mode with 3 general phases, there are requirement scoring, design, development and also implementation. Data collecting technique use validity,questionare, observation, and test with subject 36 XI MIA-3 students in MA Ma'arif Udanawu Blitar. Validity of e-Book observed from learning aspects, material, language, and media. Practicality observed by implementation and learning obstacles and student's scientific literacy ability based process. Effectivity observed by pretest and posttest results and student's respond. All of aspect of validity scoring, learning implementation, scientific literacy based on process, and student's respond using Likert scale. Scientific literacy e-Book evowed suitable if percentage of all advisability criteria >61%. This research results show 1)Percentage of learning validity is 85,57% with most valid category, percentage of material validity is 92,26% with most valid category, validity of language percentage 90,90% is most valid category; 2)Percentage of learning implementation is 85,34% with most practical category, and percentage of scientific literacy based on process is 88,54% with most practical category; 3)Increasing scientific literacy ability based on test gained from n-Gain scores and t-pair tests, as the result gained average of n-Gain scores 0,4653 with medium category, tcount score is 15,021 resulted of tcount>ttable. So there has been significant improvement in scientific literacy ability, and the percentage of learner's respond up to 85,80% with most effective category. Based of the result, Elisa developed is fesible to be used to train students scientific literacy skill.
Keywords: e-Book, scientific literacy.