ABSTRAK
PENGARUH PENGGUNAAN “UTALOMA” DALAM MENSTIMULASI
KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA
ANAK KELOMPOK B DI RA MAMBA’UL HISAN WIYUNG SURABAYA
Nama : Dian Anggraini
Nim : 15010684049
Jurusan : S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Hj. Rachma Hasibuan, M.Kes.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kecerdasan logika matematika anak kelompok B khususnya di RA Mamba’ul Hisan Wiyung Surabaya terutama dalam menyebutkan dan menggunakan lambang bilangan untuk menghitung. Berdasarkan studi pendahuluan dibeberapa TK termasuk RA Mamba’ul Hisan Wiyung Surabaya ditemukan ada 80% (120 anak) yang masih salah dalam menyebutkan dan menggunakan lambang bilangan untuk menghitung. Permasalahan tersebut dikarenakan pengenalan lambang bilangan belum sesuai tahapan dan media pembelajaran yang tidak konkrit (menggunakan LKA). Solusi yang diberikan yaitu menstimulasi kecerdasan logika matematika khususnya dalam menyebutkan dan menggunakan lambang bilangan untuk menghitung dengan Alat Permainan Edukatif “Utaloma” dengan disesuaikan tahapan pengenalan lambang bilangan. Kegiatan yang dilakukan yaitu mengenal konsep bilangan dengan membilang, menghubungkan benda dengan lambang bilangan, menjumlahkan bilangan secara konkit dan abstrak melalui cerita. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh Alat Permainan Edukatif “Utaloma” dalam menstimulasi kecerdasan logika matematika anak kelompok B di RA Mamba’ul Hisan Wiyung Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu Quasi Experimental Design jenis Nonequivalent Control Design. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi berperanserta dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian adalah anak kelompok B RA Mamba’ul Hisan Wiyung Surabaya yang berjumlah 36 anak. Sebagai kelompok eksperimen yaitu 18 anak, dan kelompok control 18 anak. Data yang terkumpul dianalisis dengan Mann Whitney U-test.
Hasil analisis data menggunakan perhitungan Mann Whitney U-test. Dengan taraf signifikansi 0,05 dari banyaknya sampel n1 = 18 dan n2 = 18 diperoleh harga Utabel = 88. Hasil Uhitung = 31,500 lebih besar dari Utabel = 88 (31,500<88), dengan demikian Ha diterima. Berdasarkan analisis data tersebut dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh penggunaan “Utaloma” terhadap kecerdasan logika matematika pada anak kelompok B di RA Mamba’ul Hisan Wiyung Surabaya. Pengaruh pada kecerdasan anak yaitu; 1) meningkatnya kemampuan anak dalam membilang dan penguasaan konsep lambang bilangan; 2) anak mengetahui makna lambang bilangan, yaitu lambang bilangan 5 mewakili 5 objek/benda; 3) anak mampu menggunakan lambang bilangan untuk menghitung dan mengenal tanda baca (+,-,=).
Kata kunci : Utaloma, kecerdasan logika matematika
ABSTRACT
THE EFFECT OF USING “UTALOMA” IN STIMULATING
MATHEMATICAL LOGIC INTELLIGENCE IN B GROUP STUDENTS
AT RA MAMBA’UL HISAN WIYUNG SURABAYA
Name : Dian Anggraini
Department : S1 Teacher Education of Early Childhood Education
Faculty : Faculty of Education
Name of Institution : Surabaya State University
Supervisor : Dr. Hj. Rachma Hasibuan, M.Kes.
This study is motivated by the lack of mathematical logic intelligence of B group students at RA Mamba’ul Hisan, Wiyung Surabaya, especially in mentioning and using numbers to count. Based on preliminary studies in several kindergartens including RA Mamba’ul Hisan Wiyung Surabaya, 80% (120) children were found to be incorrect in mentioning and using numbers to count. The problems are caused by nonconformity of the introduction of numbers with the students’ stages and non-concrete learning media (using LKA). The solution suggested is to stimulate mathematical logic intelligence specifically in mentioning and using numbers to count with the “Utaloma” Educational Game Tool by adjusting the stages of introduction of numbers. The activities carried out were recognizing the concept of numbers by numerating, connecting objects with numbers, summing up numbers in concrete and abstract through stories. This research aimed to see whether there is an influence of the “Utaloma” Educational Game Tool in stimulating mathematical logic intelligence in B group students in RA Mamba’ul Hisan Wiyung Surabaya.
This study used a quantitative approach with Quasi-Experimental Design of Non-equivalent Control Design type. Data were collected using participant observation techniques and documentation. The samples in the study were students of B group at RA Mamba'ul Hisan Wiyung Surabaya of 36 children. The experimental group consisted of 18 children while the control group consisted of 18 children. The data collected were analyzed using the Mann Whitney U-test.
The results of the data were obtained using the Mann Whitney U-test calculation. With a significance level of 0.05 from the number of samples n1 = 18 and n2 = 18, it is obtained that the price of Utabel = 88. Results of Uhitung = 31,500 greater than Utabel = 88 (31,500 < 88), thus Ha is accepted. Based on the analysis of the data, it can be concluded that there is an influence of the use of “Utaloma” on mathematical logic intelligence in B group of students at RA Mamba’ul Hisan Wiyung Surabaya. Influence on the children’s intelligence include 1) the increase in the children’s ability to say and master the concept of numbers; 2) the children know the meaning of the numbers as the symbol of number 5 representing 5 objects; 3) children are able to use number symbols to calculate and recognize punctuation (+, -, =).
Keywords: Utaloma, Mathematical Logic Intelligence