PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SOLFEGE BERBASIS NOTASI BALOK WARNA UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA ANAK AUTIS
Development of Solfege Video Based on Color Musical Notes To Improve Concentration and Communication Skills in Autistic Children
Meluasnya spektrum autisme dan cepatnya sebaran di negara maju dan berkembang, termasuk Indonesia membuat tingginya kebutuhan akan berbagai pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana merawat dan melatih fisik, mental, serta bagaimana pembelajaran yang tepat untuk anak autis. Walaupun dari berbagai penelitian terdahulu diketahui bahwa terapi musik ataupun pelatihan musik dapat memberikan efek yang positif untuk anak autis, minimnya jumlah sumber daya manusia yang kompeten sebagai terapis musik dan minimnya media pelatihan ataupun pembelajaran musik untuk anak autis membuat musik sering diabaikan dalam pembelajaran di SLB yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran video solfege berbasis notasi balok warna, menghasilkan media pembelajaran yang valid dan efektif untuk meningkatkan konsentrasi dan kemampuan komunikasi pada anak autis.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini mencakup teori media pembelajaran, teori musik, teori psikologi dan teori konsentrasi dan kemampuan komunikasi anak. Penelitian dilakukan dengan metode studi literatur, wawancara dan observasi serta eksperimen one group pre-test post-test dan dianalisis dengan mixed method. Melalui observasi, didapatkan hasil bahwa video pembelajaran juga mampu menurunkan gangguan perilaku pada anak autis. Dari penelitian ini, didapatkan hasil bahwa model desain ASSURE dapat membantu pengembangan media pembelajaran video solfege berbasis notasi balok warna dengan baik.
Media pembelajaran yang dihasilkan valid berdasarkan komponen kelayakan materi, media dan komunikasi serta mendapatkan persentase validasi rata-rata 87,47% dan berada pada kategori sangat baik. Artinya, video pembelajaran dapat mengukur konsentrasi dan kemampuan komunikasi pada anak autis sesuai tujuan pembuatan video. Selain itu, media pembelajaran video solfege berbasis notasi balok warna juga efektif untuk meningkatkan konsentrasi dan kemampuan komunikasi pada anak autis, dilihat dari adanya peningkatan skor post-test sebesar 49,8% dari skor pre-test serta adanya peningkatan sikap dan penurunan gangguan perilaku yang tampak nyata dari hasil observasi. Dapat disimpulkan bahwa ketika suatu media pembelajaran dirancang dengan baik dan tepat, dimanfaatkan dengan cara dan prose yang tepat akan memberikan dampak dan manfaat yang positif dalam mendukung proses pembelajaran. Video pembelajaran yang efektif dan efisien akan mampu meningkatkan konsentrasi dan kemampuan komunikasi pada anak autis.
The widening of the autism spectrum and the rapid spread of awareness of autism in developed and developing countries, including Indonesia, has created a high need for various skills and experiences in how to care for and train children with autism physically and mentally, as well as the right way for children with autism to learn. Although various previous studies have found that music therapy or music training can have a positive effect on autistic children, the lack of competent music therapists and the lack of training media or music learning for autistic children means that music is often neglected in learning in special schools in Indonesia. Therefore, this study aims to describe the process of developing solfege video learning media based on color musical notes, in order to produce valid and effective learning media to improve concentration and communication skills in autistic children.
The theory used in this study includes learning media theory, music theory, psychological theory and the theory of concentration and communication skills in children. The research was conducted using the method of literature study, interviews and observations, as well as a group pre-test and post-test experiment, which was analyzed using a mixed method. Through observation, it was found that learning videos were also able to reduce behavioral disturbances in autistic children. From this study, it was found that the ASSURE design model can help develop video solfege learning media based on color musical notes.
The resulting learning media is valid based on the feasibility components of material, media and communication and gets an average validation percentage of 87.47%, which is in the “very good” category. This means that learning videos can contribute to improved concentration and communication skills in autistic children, according to the purpose of making them. In addition, solfege video learning media based on color musical notes is also effective for improving concentration and communication skills in autistic children, seen from the increase of 49.8% in the post-test score, compared to the pre-test score in the experiment, and the increase in positive attitude and decrease in behavioral disturbances among the participants, which was evident from the results of observations. It can be concluded that when learning media is designed properly and appropriately, and used in the right way, it can have a positive impact and be beneficial in supporting the learning process. Effective and efficient learning videos will be able to improve concentration and communication skills in autistic children.