Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) kelayakan media Cd
Interaktif; (2) ketuntasan hasil belajar siswa setelah memperoleh pembelajaran
menggunakan media CD Interaktif; (3) keterlaksanaan pembelajaran dengan media
CD Interaktif.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan
langkah-langkah sebagai berikut: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk;
(4) validasi desain; (5) revisi desain; uji coba produk. Objek penelitian CD Interaktif pada mata pelajaran konstruksi dan
utilitas gedung. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI DPIB 1 SMK Negeri 3
Surabaya tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar validasi
media pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes
hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kelayakan
perangkat pembelajaran, analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis hasil
belajar.
Hasil penelitian ini adalah (1) hasil kelayakan media sebesar CD
Interaktif sebesar 4,38; (2) Hasil penilaian tes hasil kerja rata-rata yang
diperoleh seluruh siswa adalah 80,21% dengan jumlah 30 siswa mencapai KKM
(tuntas) dan 2 siswa berada di bawah KKM (tidak tuntas). Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar
>75%
(3) Hasil keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan 1 sebesar
4,43, pada pertemuan 2 sebesar 4,51 dan pada pertemuan 3 sebesar 4,47, sehingga
dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan
pembelajaran pertemuan 1,2, dan 3 diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,47 dalam
kategori sangat layak.
Kata Kunci : Explicit instruction, Cd Interaktif, Hasil Belajar Siswa