PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI PENGENALAN KERANGKA TULANG UNTUK ANAK-ANAK PENYANDANG LOW VISION USIA 9-11 TAHUN
Designing Bone Skeleton Illustration Book for Low Vision in Children Aged 9-11 Years
Menurut data WHO, pada tahun 2010 diperkirakan jumlah low vision sebanyak 246 juta orang atau sebanyak 86% dari keseluruhan disabilitas netra di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut diantaranya terjadi pada anak-anak. Kurangnya inovasi dan terbatasnya media pembelajaran mengakibatkan anak terhambat dalam menerima materi yang menyajikan visual, salah satunya mengenai kerangka tulang. Perancangan ini bertujuan untuk mengenalkan kerangka tulang melalui buku ilustrasi bagi anak dengan gangguan low vision agar dapat mengidentifikasi serta memahami bagian rangka yang ada didalam tubuh. Metode penelitian berbasis kualitatif, dengan metode SWOT sebagai teknik analisis data yang dapat digunakan sebagai data pendukung melalu observasi, wawancara, dan studi literatur. Buku ilustrasi ini dapat menjadi media pembelajaran mengenai kerangka tulang bagi anak usia 9-11 tahun dengan metode yang lebih efektif, menyenangkan, dan sesuai dengan tingkat kemampuan mereka dalam penglihatan serta perabaan.
According to WHO data, in 2010 it was estimated that the number of low vision was 246 million people or as much as 86% of the total net disability worldwide. Of these, among them occur in children. The lack of innovation and limited learning media result in children being hampered in receiving material that presents visuals, one of which is about the bone skeleton. This design aims to introduce the bone skeleton through an illustrated book for children with low vision disorders in order to identify and understand the skeletal parts in the body. Qualitative-based research method, with SWOT method as a data analysis technique that can be used as supporting data through observation, interviews, and literature studies. This illustrated book can be a learning medium about the bone skeleton for children aged 9-11 years with methods that are more effective, fun and in accordance with their level of ability in vision and touch.