Etnomatematika : Eksplorasi Prasasti Peninggalan Kerajaan Di Jawa Timur
ETHNOMATHEMATICS: EXPLORATION OF ROYAL INSCRIPTIONS IN EAST JAVA
Budaya, matematika, maupun pendidikan dapat dipadukan dan diperoleh melalui suatu kajian yang disebut etnomatematika. Peran etnomatematika cukup penting dalam pembelajaran matematik. Penelitian dilakukan untuk menggali dan mendeskripsikan konsep matematika pada delapan prasasti yang berasal dari Jawa Timur dan penggunaannya dalam pembelajaran matematika. Objek etnomatematika yang dipilih diantaranya Prasasti Kubu-Kubu, Prasasti Kaladi, Prasasti Harinjing, Prasasti Jeru-Jeru, Prasasti Linggasuntan, Prasasti Gulung-Gulung, Prasasti Baru, dan Prasasti Kamalagyan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data yang diambil berupa konsep matematika yang terdapat pada kedelapan prasasti peninggalan kerajaan di Jawa Timur tersebut. Data diperoleh dengan cara studi literatur, wawancara dan dokumentasi. Konsep matematika pada kedelapan prasasti tersebut terdapat pada bentuk fisik prasasti, hiasan prasasti, dan tulisan yang termuat dalam prasasti. Berdasarkan bentuk fisik delapan prasasti tersebut ditemukan konsep matematika bangun datar yaitu segitiga, persegipanjang, trapesium, lingkaran, dan segi lima. Berdasarkan hiasan pada delapan prasasti tersebut ditemukan konsep matematika geometri transformasi yaitu translasi dan refleksi. Berdasarkan tulisan yang termuat pada delapan prasasti tersebut ditemukan beberapa konsep matematika yaitu statistika, himpunan, aljabar, satuan ukuran, dan penggunaan lambang bilangan. Konsep matematika bangun datar, geometri transformasi, aljabar himpunan, statistika, dan satuan ukuran ini dapat dimanfaatkan guru sebagai bahan ajar matematika untuk jenjang SD kelas III, IV, dan VI, serta SMP kelas VII, VIII, dan IX. Sedemikian hingga siswa juga dapat belajar sejarah, budaya dan menambah nilai karakter melalui peninggalan budaya.
Cultures, mathematics, and education can be combined and acquired through a study called ethnomathematics. The role of ethnomathematics is quite important in mathematics learning. This study aims to explore and describe the concept of mathematics in eight inscriptions from East Java and its functions in mathematics learning. The chosen ethnomathematics objects are Kubu-Kubu Inscription, Kaladi inscription, Harinjing Inscription, Jeru-Jeru Inscription, Linggasuntan Inscription, Gulung-Gulung Inscription, Baru Inscription, and Kamalagyan Inscription. The type of this study is a qualitative study with an ethnographic approach. Data taken in the form of mathematical concepts contained in those eight inscriptions on East Java. Data obtained by literature studies, interviews, and documentation. The mathematical concepts of the eight inscriptions are found in the physical form, the ornament, and the text contained in the inscriptions. Based on their physical form found the mathematical concept of plane shapes that are triangle, rectangle, trapezoid, circle, and pentagon. Based on their ornament found mathematical concepts of transformation geometry that are translation and reflection. Based on the text contained in the inscriptions found some mathematical concepts that are statistics, set, algebra, units of measurement, and the use of symbol numbers. Mathematical concepts of plane shapes, geometry transformations, algebra, set, statistics, units of measurement can be used by the teacher as a material of mathematics learning in 3rd, 4th, 6th grade of elementary school and 7th, 8th, 9th grade of junior high school. So that students can also learn history, culture, and increase character values through cultural heritage.