Eksplorasi Etnomatematika pada Aktivitas Pembudidayaan Ikan di Tambak Bulak, Sidoarjo
Exploring Ethnomathematics on the Fish Breeding Activities in Tambak Bulak, Sidoarjo
Etnomatematika adalah ide matematika yang tumbuh dalam suatu budaya. Etnomatematika menjadi sebuah gagasan penting untuk mengetahui peran matematika dalam kehidupan sehari-hari. Melalui etnomatematika, pembelajaran matematika dapat diajarkan dalam situasi yang dekat dengan siswa. Sehingga, siswa akan lebih mudah dan termotivasi dalam memahami konsep matematika di sekolah. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi bentuk etnomatematika yang ada pada aktivitas pembudidayaan ikan di Tambak Bulak Sidoarjo yang berfokus pada enam aktivitas fundamental dalam suatu budaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data yang diperoleh berasal dari observasi partisipan dan wawancara yang dilakukan dengan pembudidaya ikan dari masyarakat Tambak Bulak Sidoarjo dengan instrumen pengumpulan data yaitu lembar observasi, lembar pedoman wawancara, dan lembar catatan penelitian. Selanjutnya, data akan dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat bentuk etnomatematika pada aktivitas pembudidayaan ikan di Tambak Bulak Sidoarjo yang berkaitan dengan konsep bilangan, sistem koordinat kartesius, panjang, perbandingan senilai, perbandingan berbalik nilai, bangun datar yaitu persegipanjang, trapesium, lingkaran, belahketupat, segitiga, dan segilima, serta konsep logika matematika. Dengan demikian, pada aktivitas pembudidayaan ikan dapat digunakan guru sebagai jembatan untuk mengajarkan konsep matematika di sekolah dengan harapan siswa dapat lebih mudah memahami konsep matematika.
Kata kunci: etnomatematika, budidaya ikan, Tambak Bulak Sidoarjo.
Ethnomathematics is a mathematical idea that grows in a culture. Ethnomathematics is an important idea to know the role of mathematics in everyday life. Through ethnomathematics, learning mathematics can be taught in close situations with students. Thus, students will be easier and interested in understanding mathematical concepts at school. Therefore, this study was conducted to identify the ethnomathematical form that exist in fish breeding activities in Tambak Bulak Sidoarjo which focuses on six fundamental activities in a culture. This research is a qualitative research with an ethnographic approach. Data obtained from participant observation and interviews with fish breeders from the Tambak Bulak Sidoarjo community with data collection instruments are observation sheets, interview guidelines, and research note sheets. Furthermore, the data will be analyzed using qualitative data analysis techniques. The results showed that, there were ethnomathematical form in fish breeders activities in Tambak Bulak Sidoarjo related to the concept of numbers, cartesian coordinate system, length, direct proportion, inverse proportion, plane figures namely rectangles, trapezoids, circles, rhombuses, triangles, and pentagons, also the math logic concepts. Thus, fish breeders activities can be used as a bridge to teach mathematical concepts in schools with the hope that students can more easily understand the mathematical concepts.
Keyword: ethnomathematics, fish breeding, Tambak Bulak Sidoarjo.