PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN PADA MATERI PERBANDINGAN
DEVELOPMENT OF ANDROID-BASED EDUCATIONAL GAMES AS A LEARNING SUPPLEMENT ON THE MATERIAL OF PROPORTIONS
Game edukasi menyajikan konten pembelajaran yang dikemas dalam bentuk permainan dan dapat digunakan secara mandiri sehingga peserta didik dapat bermain sambil belajar setiap saat serta dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan sebuah game edukasi matematika yang diberi nama “Maze Math” dengan berbasis android sebagai suplemen pembelajaran pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan kualitas baik yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen kevalidan berupa angket validasi ahli media dan materi, instrumen kepraktisan berupa angket penggunaan game edukasi, serta instrumen keefektifan yang terdiri dari pretest dan postest. Game edukasi “Maze Math” diujicobakan pada 12 siswa MTsN 1 Gresik dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Game edukasi ini memenuhi kriteria valid karena hasil yang diperoleh dari angket validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan kriteria valid dengan memperoleh nilai persentase 82,71 % (81%-90%). Maze Math dikatakan praktis karena hasil yang diperoleh dari angket kepraktisan yang diisi oleh siswa memperoleh nilai persentase 85,256% (85%-100%). Hasil penelitian ini juga efektif karena hasil rata-rata N-gain yang diperoleh dari pretest dan posttest yang dikerjakan oleh siswa terkategori tinggi dengan nilai 0,740278 ( > 0,7).
Educational games present material that packaged in games formed and can be used independently so that students can learn while playing at any time and students can not only play at any time but also learn in fun atmosphere. The research goal is to produce a mathematics educational game called "Maze Math" as an android-based learning supplement on direct proportions and inverse proportion material as a valid, practical, and effective. The development model in this study is the ADDIE model which includes Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The instrument of validity are media and material expert validation questionnaire, practical instrument is a questionnaire of the use of educational games, and effectiveness instrument consist of a pretest and posttest. The educational game “Maze Math” was tested on 12 students of MTsN 1 Gresik with high, medium, and low math competency. This educational game has valid criteria because the results from the media expert and material expert validation questionnaire show percentage value of 82.71% (81%-90%). Maze Math is practical because the results from the practicality questionnaire filled out by students obtained 85.256% (85%-100%). The results of this study are also effective because the average N-gain categorized as high with a value of 0.740278 (> 0.7).