The Contribution of Parental upbringing to the concept "Merdeka Belajar" of children 12-15 in the COVID-29 Pandemic
Konsep merdeka belajar saat ini tengah menjadi akivitas seluruh peserta didik di Indonesia. Tidak hanya peserta didik yang berada di pendidikan non formal saja, namun pendidikan formalpun menggunakan konsep ini. Alasan utama yang mendasari konsep merdaka belajar adalah mewabahnya virus corona atau COVID-19. Konsep merdeka belajar akan berjalan dengan maksimal dengan adanya kontribusi orangtua peserta didik itu sendiri. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi pola asuh orang dalam pendidikan anak usia 12-15 tahun dan untuk ntuk mengetahui kontribusi pola asuh orang tua anak usia 12-15 tahun dalam pelaksanaan konsep merdeka belajar di era pandemik COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi parsial. Populasi penilitian adalah anak usia 12-15 tahun .Teknik sampling yang digunakan adalah area sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan kuisioner dan pengolahan data menggunakan bantuan perangkat lunak pengolah data statistk. Berdasarkan hasil penelitian analisis data variabel pola asuh dan konsep merdeka belajar memliki hubungan yang positif, karena diperoleh (0,514 > 0,05). Hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh dengan konsep merdeka belajar tanpa adanya variabel kontrol (usia), karena diperoleh (0,003 < 0,005). hubungan antara pola asuh dengan konsep merdeka nelajar dengan usia sebagai variabel kontrol adalah signifikan atau memliki hubungan yang positif, karena diperoleh (0,003 < 0,05).
Kata Kunci: kontribusi pola asuh, konsep merdeka belajar, era pandemik covid-19.
The concept of free learning is now becoming the accreity of all Indonesian learners. Not only do students receive formal education but formaldehyde education USES this concept. The main reason for learning the concept of merdaka was the outbreak of the corona or covid-19 virus. The free concept of learning will go to great lengths with the learner's own contribution of parents. The purpose of this assessment is to know the contribution of the nurturing pattern of people in the 12-15 year old education of children and to nto know the contribution of the parenting pattern of 12-15 - year - old children in the adoption of the free concept of learning in the pandemic of covid-19. The study is a quantitative study with a partial correlation. The assessment population is 12-15 year old. sampling techniques used are sampling areas. The techniques for collecting data are using questionnaires and data processing using statistline data software. Based on the study of variable data analysis of upbringing and free concepts, learn to have positive relationships, as it is acquired (0.514 > 0.05). A positive and significant relationship between the upbringing and the free concept of learning without variable control (age), because obtained (0.003 < 0.005). The relationship between a upbringing and an independent concept with an age as a control variable is significant or a positive relationship, as it is obtained (0.003 < 0,05).
Keywords: contribution of upbringing, the free concept of learning, the pandemic era covid-19.