Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together , aktivitas siswa,
keterampilan komunikasi siswa dan hasil belajar selama diterapkannya model
pembelajaran kooperatif tipe Number Head
Together pada materi larutan asam basa. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian pre-eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest Postest Design. Subjek
pada penelitian ini adalah siswa dari dari kelas XI MIPA 7 SMAN 1 Krian,
Sidoarjo yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian ditunjukkan sebagai berikut:
1 . nilai rata-rata
keterlaksanaan siswa dalam tiga
pertemuan sebesar 3,67, 3,70, dan 3,51 dengan predikat sangat baik. 2 . aktivitas siswa yang
relevan dalam tiga pertemuan sebesar 95,31%, 95,62%, dan 92,62%. 3 . kuantitas keterampilan
bertanya siswa selama tiga kali pertemuan sebesar 53,12%, 71,88%, dan 31,25%,
sedangkan kuantitas keterampilan berpendapat siswa selama tiga kali pertemuan
sebesar 65,62%, 84,38%, dan 87,50 %. Kualitas bertanya siswa dengan predikat
kurang baik dari pertemuan 1 hingga 3 berturut-turut sebesar 84,38%, 90,62%,
dan 93,75%, sedangkan predikat cukup baik pada pertemuan 1 hingga 3
berturut-turut sebesar 0,00%, 3,12%, dan 0,00%, predikat cukup baik pada
pertemuan 1 hingga 3 berturut-turut sebesar 15,62%, 6,25%, dan 3,12%, dan
sedangkan predikat sangat baik pada pertemuan 1 hingga 3 berturut-turut sebesar
0,00%, 0,00%, dan 3,12%. Kualitas berpendapat siswa dengan predikat kurang baik
dari pertemuan 1 hingga 3 berturut-turut sebesar 46,87%, 21,87%, dan 15,62%,
sedangkan predikat cukup baik pada pertemuan 1 hingga 3 berturut-turut sebesar
6,25%, 6,25%, dan 3,12%, predikat cukup baik pada pertemuan 1 hingga 3
berturut-turut sebesar 43,75%, 62,50%, dan 53,12%. 4 . Hasil belajar siswa secara
klasikal mendapatkan persentase 78,12.
Kata
kunci: Keterampilan Komunikasi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Larutan
Asam Basa.