ABSTRAK
Hidayat, Novita Sari. 2023. Umpan Balik Rekan Secara Lisan dalam Membantu Pembelajaran Kelas Siswa EFL: Studi Kasus di Tingkat Sekolah Menengah Atas. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Oikurema Purwanti, M.A., M.AppL and (2) Prof. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D.
Kata kunci: umpan balik lisan, referential, directive, expressive
Dengan memberikan umpan balik, siswa dapat memberikan wawasan kepada teman sejawatnya yang memungkinkan mereka untuk membuat keputusan untuk meningkatkan praktik mereka. Penelitian ini akan mendeskripsikan 1) bagaimana siswa memberikan umpan balik referential dalam pembelajaran mereka 2) bagaimana siswa memberikan umpan balik directive dalam pembelajaran mereka 3) bagaimana siswa memberikan umpan balik ekspresive dalam pembelajaran mereka 4) untuk mengeksplorasi tantangan siswa ketika memberikan umpan balik teman sejawat secara lisan dalam pembelajaran mereka.
Desain penelitian merupakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menyelidiki proses umpan balik teman sejawat seara lisan yang digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran. Penelitian ini mengamati umpan balik rekan secara lisan yang digunakan oleh siswa EFL MIPA-1. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa di antara ketiga tipe umpan balik rekan yang paling banyak digunakan oleh siswa, adalah directive dan ekspresive dalam bentuk kritik, pujian, dan masukan. Selanjutnya, hasil dari wawancara menunjukkan bahwa semua responden berpendapat dengan memberikan umpan balik terhadap tugas siswa lain dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dalam hal peningkatan kosakata dengan menyusun kalimat untuk disampaikan kepada siswa lain. Peningkatan sikap percaya diri juga berpengaruh positif dari penerapan umpan balik teman sejawat di kelas.
Dapat disimpulkan bahwa umpan balik rekan secara lisan memiliki pengaruh yang sangat positif pada proses belajar bahasa Inggris untuk siswa EFL. Sehubungan dengan penemuan bahwa siswa yang tampil depan kelas berusaha tampil maksimal karena dinilai oleh teman-temannya selain dinilai oleh guru. Dan siswa yang lain berusaha mendengarkan materi yang diberikan karena nantinya mereka memberikan umpan balik kepada teman-temannya. Sementara disarankan agar guru dapat menjelaskan secara singkat tentang umpan balik yang diterima siswa sebelum memberikannya.
ABSTRACT
Hidayat, Novita Sari. 2023. Oral Peer Feedback in Assisting EFL Students’ Classroom Learning: Case Study in Senior High School Level. Thesis, Study Program of Language and Literature Education, Postgraduate Program of Universitas Negeri Surabaya. Advisors: (1) Dr. Oikurema Purwanti, M.A., M.AppL and (2) Prof. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D.
Keywords: oral peer feedback, referential, directive, expressive
By providing feedback, students are able to provide insight to their peers that will enable them to make decisions that will improve their practice because later they will give input to their friends. This study will describe 1) how students produced referential feedback in their learning 2) how students produced directive feedback in their learning 3) how students produced expressive feedback in their learning 4) to explore the students' challenges when produced oral peer feedback in their learning.
The research design is a qualitative research method with a case study approach to investigate the process of oral peer feedback used in the process of learning activities. This study observed the oral peer feedback used by EFL students of MIPA-1. The data has taken in the form of words, phrases and sentences through students’ peer feedback recording. Data collection techniques are observation and interview.
The result of this study has revealed that among three type of oral peer feedback that are most widely used by students are directive and expressive feedback in the form of criticism, praise, and input. Further, based on the students’ interviewed that all respondents thought that providing feedback to other students’ work could improve the students’ English skills because, indirectly, the students vocabulary would increase by constructing sentences to be conveyed to other students. Improving attitudes of self-confidence give a positive effect when implementing peer feedback in the classroom.
In Summary, it is possible to conclude that oral peer feedback has a very positive influence on the process of learning English for EFL students. In regard to finding students who appear in front of the class will try to appear optimally because they are assessed by their friends besides being assessed by the teacher. And other students who are listening try to listen to the material given by their friends because later they will give input to their friends. While it is suggested that teacher can explain more briefly about feedback that students will receive before giving it.