TEACHER’S PROBING QUESTIONS IN THE EFL CLASSROOM AT A HIGH SCHOOL
Penelitian ini dimaksudkan untuk mencoba menemukan probing questions guru dalam bahasa kelas EFL. Secara khusus, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan probing questions guru untuk klarifikasi (2) Untuk menjelaskan probing questions guru tentang sudut pandang yang berbeda (3) Untuk menjelaskan probing questions guru untuk menggali pendapat siswa (4) Untuk menjelaskan probing questions guru untuk menggali alasan siswa (5) Untuk menjelaskan probing questions guru untuk menyelidiki bukti (6) Untuk menjelaskan probing questions guru untuk menggali implikasi dan tujuan. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Guru bahasa Inggris dari sekolah menengah yaitu subjek dari penelitian ini. Data diperoleh dengan mengamati subjek. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi tidak terstruktur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru menggunakan keenam probing questions dalam proses belajar mengajar. Guru menerapkan beberapa teknik dalam probing questions, seperti: basic probe, explanatory probe, focused probe, silent probe, drawing out, giving ideas, dan mirroring. tetapi beberapa dari teknik tersebut tidak berhasil untuk siswa. Probing questions yang paling sering diaplikasikan guru yaitu probing questions dalam pertanyaan untuk klarifikasi. Teknik yang paling sering diaplikasikan guru dalam probing questions yaitu explanatory probe.
Kata Kunci: Bahasa kelas, Pertanyaan, Probing questions.
This study meant to try to find the teacher’s probing questions in EFL classroom language. In specific, this research intends 1. To elucidate the teacher's probing questions for clarification. 2. To elucidate the teacher's probing questions about different viewpoints. 3. To elucidate the teacher's probing questions to probe pupils' assumptions. 4. To elucidate the teacher's probing questions to probe pupils’ reason. 5. To elucidate the teacher's probing questions to probe evidence. 6. To elucidate the teacher’s probing questions to probe implications and purposes. This study uses qualitative descriptive. The English teacher of a high school was the subject of this study. The data obtained by observing the subject. The technique utilized in this study is by carrying out unstructured observation. The outcomes of this study demonstrated that the teacher employed all of those six probing questions. The teacher applied numerous probing techniques, those are basic probe, explanatory probe, focused probe, silent probe, drawing out, giving ideas, and mirroring, but some of them did not work for students. Probing questions most often used in this case was probing questions for clarification. The probing technique which typically applied by the teacher was an explanatory probe.
Keywords: Classroom language, Questions, Probing questions.