Keterampilan motorik pada proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting, karena keterampilan motorik akan mempengaruhi seluruh gerak pada saat siswa tersebut mengikuti kegiatan belajar mengajar. Meteri permainan kippers merupakan materi yang baru bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya, dengan tersedianya lahan yang mencukupi, peralatan yang mudah dicari, dan peraturan yang mudah menjadi keuntungan untuk menyampaikan meteri permainan kippers.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan kippers terhadap keterampilan motorik siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya dan jika ada, seberapa besar pengaruh permainan kippers terhadap keterampilan motorik siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya. Sampel penelitian ini mengunakan 2 kelompok, yaitu kelas VIII E dengan jumlah 33 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII D dengan jumlah 31 siswa sebagai kelompok kontrol.Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh permainan kippers terhadap keterampilan motorik siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya karena dari hasil analisis menunjukan bawah nilai thitung sebesar -0,329 ≤ ttabel 2,660 dengan Sig = 0,742 ≥ α = 0,05 yang berarti menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak.
Kata kunci: permainan kippers, keterampilan motorik
Motoric skills in education process is very important it affects the students movements while following the teaching and learning activities. Kippers game material was a new program for the Class VIII students, in Public Junior High School 20 Surabaya, one to availability of sufficient field of play, easy to find tools and simple rules of play which makes it more beneficial to ue kippers materials.The purpose of this research was to find out the effect of Kippers Game on student’s motoric skills in physical, sport and health education in class VIII’s students, in Public Junior High School 20 Surabaya and if any, how significant is the effect of Kippers Play on student’s motoric skills in physical, sport and health education close in toward class VIII’s students, Public Junior High School 20 Surabaya. This research used 2 groups samples, Class VIII E with 33 students as experiment group and Class VIII D with 31 students as control group.The data analysis showed that there were no effects of Kippers Game on student’s motoric skills in physical, sport and health education class in class VIII’s students, Public Junior High School 20 Surabaya. The result produced the value of tcount-0,329 ≤ ttabel 2,660 with Sig = 0,742≥ α = 0,05 which indicated that H0 was accepted and Ha was rejected.
Keywords : Kippers Game and Motoric Skills