ANALYSIS OF THE IMPACT OF CVT SPRING IMPLEMENTATION ON THE PERFORMANCE OF THE 2018 VARIO 125 CC MOTORCYCLE USING PERTAMAX FUEL
Performa sepeda motor matic dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya perawatan dan penggantian pegas CVT. Salah satu komponen CVT yang dapat dilakukan penggantian yaitu pegas dan roller. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi pegas CVT (Continuously Variable Transmission) terhadap performa sepeda motor Vario 125 cc tahun 2018 yang menggunakan bahan bakar Pertamax.Metode yang digunakan adalah eksperimen, di mana variabel bebas yang diuji adalah pegas standar dan pegas racing, dan roller standar dan roller racing, sedangkan variabel terikatnya adalah daya dan torsi yang dihasilkan. Pengujian dilakukan di bengkel IWS Motor Sport di Surabaya, dengan pengumpulan data melalui pengukuran daya dan torsi pada berbagai kecepatan mesin (RPM) menggunakan komponen standar dan racing.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan roller dan pegas racing secara signifikan meningkatkan torsi dan daya pada sepeda motor Vario 125 CC, yaitu dengan nilai torsi mencapai 9,56 Nm dan daya mencapai 10,42 HP pada RPM 7750 dibandingkan dengan variasi standar yang hanya mencapai torsi 7,86 Nm dan daya 8,53 HP, dengan nilai presentase torsi sebesar 22% dan daya 23%.Kata kunci : CVT, pegas racing, roller racing, performa, Vario 125 cc.
The performance of automatic motorcycles can be influenced by several factors, including maintenance and replacement of components in the CVT system, such as springs and rollers. This study aims to analyze the impact of CVT spring implementation on the performance of the 2018 Vario 125 cc motorcycle that uses Pertamax fuel. The focus of the research is to evaluate the effect of using racing springs and racing rollers on the power and torque of the Vario 125 cc motorcycle.The research method employed is experimental, with the independent variables being the standard spring and racing springs, and standard roller and racing rollers , while the dependent variables are the power and torque produced. The testing was carried out at IWS Motor Sport workshop in Surabaya, with data collection through measurements of power and torque at various engine speeds (RPM) using both standard and racing components.The findings of this study indicate that the implementation of racing rollers and springs resulted in a substantial enhancement of torque and power output in the Vario 125 CC motorcycle. Specifically, the torque peaked at 9.56 Nm and power at 10.42 HP at 7750 RPM, representing a notable increase of 22% and 23%, respectively, compared to the standard components.Keywords : CVT, racing spring, racing roller, performance, Vario 125 cc.