Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara metode mengajar ceramah dengan hasil belajar siswa pada masa pandemi di kelas VIII SMP Laboratorium YWDP UNESA dan untuk mengetahui respon siswa terhadap metode mengajar ceramah pada masa pandemi di kelas VIII SMP Laboratorium YDWP UNESA. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Ex-Postfacto atau penelitian korelasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Penelitian ini menunjukkan tidak ada korelasi antara metode mengajar ceramah dengan hasil belajar siswa. Didukung dengan hasil analisis korelasi metode mengajar ceramah dengan hasil belajar siswa diperoleh r hitung sebesar 0,23664 dan r tabel sebesar 0,388. Nilai r hitung < r tabel, maka hipotesis nol diterima. 2) Siswa menunjukkan respon yang baik dan respon positif terhadap metode mengajar ceramah pada masa pandemi di kelas VIII SMP Laboratorium YDWP UNESA.
Kata Kunci: metode mengajar, respon siswa, dan hasil belajar
The research aims to know the correlation between lecture teaching method and student results during pandemic in VIII class YDWP UNESA Laboratory Middle School and to investigate the response towards lecture teaching method during pandemic in VIII class YDWP UNESA Laboratory Middle School. This type research is Ex-Postfacto research or correlation research. The research used the quantitative research. The research data collection techniques are by using questionnaire and documentation.
The results showed that: 1) This research also shows that no correlation between lecture method and student results. Supported the results of information analysis on the correlation of the lecture teaching method and student results obtained r count of 0,23664 and r table of 0,388. This value of r count < r table, then the null hypothesis is received. 2) The students showed a good response and positive response toward lecture teaching method during pandemic in VIII class YDWP UNESA Laboratory Middle School.
Kata Kunci: teaching method, student responses, and student result.