PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (SENI MUSIK) MELALUI DARING DI SMP NEGERI 2 SIDOARJO
LEARNING ART CULTURE (ART MUSIC) THROUGH ONLINE AT SMP NEGERI 2 SIDOARJO
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pembelajaran seni dan budaya (seni musik) melalui daring dan mengkaji kendala dalam pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni musik) melalui daring di SMP Negeri 2 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan sumber informasi dari dokumen, guru, dan siswa. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dalam menguji keabsahan data.
Pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni musik) melalui daring di kelas VIII G menggunakan berbagai aplikasi seperti whatssapp, google meet, google form, dan google classroom. Pembelajaran daring dinilai cukup efektif karena peserta didik mampu merespon tugas yang diberikan serta mampu mengikuti kegiatan belajar daring. Kelemahan pembelajaran daring, pendidik lebih banyak memberikan tugas kepada peserta didik. Pendidik kurang maksimal dalam memberikan dan menjelaskan materi. Jadi peserta didik hanya menyelesaikan tugas tanpa memahami materi. Kendala lain terdapat pada jaringan internet dan penggunaan smartphone dapat memicu masalah akademik, sosial, emosional dalam perilaku peserta didik.
The purpose of this study was to analyze the online learning process of art and culture (music art) and to examine the obstacles in the implementation of online learning of cultural arts (music art) at SMP Negeri 2 Sidoarjo. This study uses a qualitative methodology with sources of information from documents, teachers, and students. Data were collected through interview, observation, and documentation techniques. Data analysis techniques used include data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. This study uses source triangulation and technical triangulation in testing the validity of the data.
The implementation of online learning of arts and culture (music art) in class VIII G uses various applications such as whatsapp, google meet, google form, and google classroom. Online learning is considered quite effective because students are able to respond to the assigned tasks and are able to participate in online learning activities. The weakness of online learning is that educators give more assignments to students. Educators are less than optimal in providing and explaining the material. So students only complete the task without understanding the material. Another obstacle is the internet network and the use of smartphones can trigger academic, social, emotional problems in the behavior of students.