Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek dalam rangka peningkatan aktivitas siswa. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP SMK Negeri 2 Blitar Bidang Humas dan Protokol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data digunakan melalui beberapa tahapan antara lain pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam proses pembelajaran mahasiswa cenderung bosan dan kurang tertarik dengan proses pembelajaran yang berlangsung karena metode yang digunakan hanya ceramah dan monoton. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga memiliki peran penting dalam hasil belajar. Model pembelajaran berbasis proyek merupakan pendekatan saintifik dan terdiri dari beberapa tahapan, antara lain mengamati, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Melalui berbagai tahapan tersebut siswa dapat meningkatkan perannya dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: model pembelajaran; pembelajaran berbasis proyek; aktivitas siswa.
This research has the aim to describe and describe the use of project based learning methods in terms of
increasing student activity. The study was classified as a qualitative descriptive study. The subjects used in this
study were students of class X OTKP at 2 Blitar Public Vocational School on Public Relations and Protocol.
Data collection techniques used were observation and interviews. While data analysis techniques are used
through several stages including data collection, data presentation and drawing conclusions. In the learning
process students tend to be bored and less interested in the learning process that takes place because the
method used is merely lecture and monotonous. Therefore this research was conducted so that students are
more active in the learning process. The activeness of students in the learning process also has an important
role in learning outcomes. The project based learning learning model is a scientific approach and consists of
several stages, including observing, asking questions, gathering information, reasoning, and communicating.
Through these various stages students can increase their role in the learning process.
Keywords: learning model; project based learning; student activity.