Desain multimedia merupakan mata pelajaran di sekolah menengah kejuruan yang mempelajari sebuah konsep tentang sesuatu dengan memanfaatkan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan dalam bentuk text audio grafik animasi dan video. Mata pelajaran ini termasuk dalam paket Multimedia pada program keahlian Teknik Komputer dan Informatika yang juga membahas pengetahuan dasar tentang multimedia itu sendiri mulai dari pembuatan desain hingga menjadi sebuah produk multimedia. Pada desain multimedia salah satu materi yang memerlukan pemahaman dan pengalaman yang lebih nyata adalah materi ilustrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kelayakan dan kemampuan media program Adobe Illustrator dalam mengingkatkan hasil belajar siswa pada materi ilustrasi. Objek penelitian adalah siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 12 Surabaya terbagi dalam 2 kelas yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini menggunakan model eksperimen kuasi serta dilakukan dengan melibatkan ahli materi. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan media dalam meningkatkan hasil belajar dilakukan uji t dua kelompok. Setelah dilakukan pengujian dan analisis data diperoleh hasil yang menunjukkan media program Adobe Ilustrator mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil uji t menunjukkan nilai t pada kelas kontrol = 0.98 dan kelas eksperimen = 1.771 maka nilai thitung ttabel jadi Ho diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan media tersebut dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 12 Surabaya mata pelajaran desain multimedia materi ilustrasi.
Kata kunci : Ilustrasi Adobe Illustrator Desain Multimedia.
Multimedia design is a subject in vocational high schools that learns a concept of something by utilizing several different media to combine and deliver in the form of text, audio, graphics, animation and video. These subjects are included in the Multimedia package in the Computer and Informatics Engineering expertise program which also discusses basic knowledge about multimedia itself starting from design to multimedia products. In multimedia design, one material that requires more real understanding and experience is illustrative material. This study aims to determine the feasibility process and media capabilities of the Adobe Illustrator program in improving student learning outcomes in illustrative material. The object of the research was students of XI Multimedia class of SMK Negeri 12 Surabaya, divided into 2 classes namely the control group and the experimental group. This study used a quasi-experimental model and was carried out involving material experts. Whereas to find out the ability of the media in improving learning outcomes two t groups were tested. After testing and analyzing the data, the results obtained showed that the Adobe Illustrator media program was able to improve student learning outcomes. The results of the t test show the value of t in the control class = 0.98 and the experimental class = 1.771 then the value of t count
Keywords: Illustration, Adobe Illustrator, Multimedia Design