Analisis Eksistensi Pasar Tradisional Baru Tuban Kecamatan Tuban Di Tengah Persaingan Dengan Pasar Modern
Analyze Traditional Market Baru Tuban Existence Amid Competition With Modern Market
Kecamatan Tuban merupakan pusat perekonomian di Kabupaten Tuban. Pertumbuhan pasar modern di Kecamatan Tuban sangat cepat dan pesat. Pesatnya pertumbuhan pasar modern sangat berdampak pada keberadaan pasar tradisional. Dampak tersebut diantaranya adalah beberapa pasar tradisional di Kecamatan Tuban mulai sepi karena masyarakat beralih ke pasar modern. Pasar baru Tuban merupakan pasar tradisional yang berada di pusat Kota Tuban. Pasar baru Tuban masih mempertahankan eksistensinya meskipun banyak berdiri pasar modern dengan lokasi berdekatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen pasar baru Tuban dan menganalisis faktor yang menyebabkan eksistensi pasar baru Tuban Kecamatan Tuban di tengah persaingan dengan pasar modern. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 konsumen pasar baru Tuban. Teknik Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui karakteristik konsumen pasar baru Tuban dan analisis Chi Square untuk mengetahui hubungan antar variabel.
Hasil penelitian menunjukkan karakteristik konsumen pasar baru Tuban rata-rata berjenis kelamin perempuan dengan persentase 82%, pekerjaan konsumen sebagai pedagang dengan persentase 39%, dan pendapatan konsumen menengah ke bawah dengan persentase 46%. Hasil uji Chi Square mengetahui faktor penyebab eksisistensi pasar baru Tuban menunjukkan bahwa minat beli konsumen dipengaruhi oleh keragaman produk (p=0.000), kualitas produk (p=0.000), keamanan (p=0.001), aksesbilitas (p=0.000), lokasi (p=0,000), dan harga barang (p=0,000).Kata Kunci: Karakteristik Konsumen, Minat Beli, Eksistensi Pasar Tradisional.
Tuban District is an economic center, so that makes the modern market growth very fast. The growth of modern markets rapidly has a strong impact on traditional market existence like marginalized and closed. Pasar baru Tuban is located in the center of city. Although there’s so many modern market stands like Bravo Supermarket, Samudera Supermarket, pasar baru Tuban still exist. The purpose of this research to know consumer characteristics and analyze the factor of the existence pasar baru Tuban amid competition with modern market.
This research used descriptive analyze with quantitative approach. The population in this study is the consumer of pasar baru. The samples on this research amount to 100 respondents. Data collection techniques using interview, observation, and documentation. Data analysis techniques used descriptive analyze with prosentase and Chi Square to analyze the variables. The research shows that characteristic consumer of pasar baru Tuban are woman with 82%, the consumer work as trader with 39%, and the consumer income is low with 46%. The result of Chi Square test research Knowing the reason of pasar baru Tuban still remained exist indicating that consumer interest are influenced by the diversity or variance of products (p=0,000), product quality (p=0,000), security (p=0,001), accessbility (p=0,000), location (p=0,000) and price (p=0,000). Keyword: Consumer Characteristic, Consumer interets, Existence of Traditional Market