Perkembangan teknologi di bidang komunikasi dan informasi membuat masyarakat dan stakehoder memanfaatkan internet terutama pada media sosial yang saat ini sedang trend yaitu youtube. Sehingga masyarakat lebih sering menonton channel youtube dibandingkan televisi. Makadari itu, banyaknya iklan-iklan yang muncul tak terkecuali testimoni dan review dari vlogger mengenai suatu produk yang dapat memunculkan kesadaran dan niat beli para penontonnya. Penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui pengaruh Beauty Vlog terhadap Purchase Intention Marina Hand&body lotion dengan Brand Awareness sebagai variabel intervening
Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut akun instagram Alifah Ratu. Metode penentuan sample adalah nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 200 responden. Responden tersebut yakni pengikut akun instagram Alifah Ratu yang pernah melihat Beauty vlog nya tentang Marina Hand&body lotion lebih dari 1 kali. Peneliti menggunakan angket online untuk pengumpulan data dan menganalisis data menggunakan analisis jalur dengan program Amos22.
Hasil peneilitian menunjukkan bahwa Beauty Vlog berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, Beauty Vlog berpengaruh positif signifikan terhadap brand awareness pengikut akun instagram Ratu, serta terdapat pengaruh yang signifikan yang terjadi antara Brand Awareness terhadap Purchase intention Marina Hand&body lotion.
Kata kunci: Beauty vlog, brand awareness, purchase intention
The development of technology in the field of communication and information makes the community and stakeholders use the internet especially on the social media that is currently on trend, namely youtube. So that people watch youtube channels more often than television. Therefore, the number of advertisements that appear is no exception, testimonials and reviews of vloggers regarding a product that can bring up the purchase intention of the viewers. This study was conducted to determine the effect of Beauty Vlog on Purchase Intention Marina Hand & body lotion with Brand Awareness as an intervening variable.
The population in this studies were followers of the Alifah Ratu’s Instagram account. The method of determining the sample is nonprobability sampling with purposive sampling method. The total of respondents in this studies were 200 respondents. The respondents were followerss of Alifah Ratu’s instagram account who had seen her beauty vlog Marina Hand&body Lotion more than once. The reseacher used an online questionnaire to collect data and analyze data using path analysis with the Amos22 program.
As a result that Beauty Vlog has a significant effect on purchase intention, Beauty Vlog has a significant positive effect on brand awareness of followers of the Ratu Instagram account, and there is a significant effect that occurs between Brand Awareness on Purchase intention Marina hand&body lotion.
Keywords: Beauty vlog, brand awareness, purchase intention