ANALISIS MISKONSEPSI DENGAN MENGGUNAKAN
METODE FOUR-TIER CERTAINTY OF RESPONSE INDEX:
STUDI EKSPLORASI DI SMP NEGERI 60 SURABAYA
MISCONCEPTION ANALYSIS USING THE FOUR-TIER CERTAINTY
OF RESPONSE INDEX: EXPLORATION STUDY AT SMP NEGERI 60 SURABAYA
ABSTRAK
ANALISIS MISKONSEPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FOUR- TIER CERTAINTY OF RESPONSE INDEX: STUDI EKSPLORASI DI SMP NEGERI 60 SURABAYA
Nama : Rachmania Erika Putri
NIM : 17030654056
Program Studi : S1 Pendidikan Sains
Jurusan : IPA
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Hasan Subekti, S. Pd., M. Pd.
Email : Rachmania.17030654056@mhs.unesa.ac.id
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat miskonsepsi yang terjadi pada siswa dengan menerapkan metode four-tier certainty of response index pada materi tekanan dan penerapannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Partisipan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 39 siswa kelas IX-A dan 36 siswa kelas IX-C SMP Negeri 60 Surabaya. Instrumen penelitian berupa four-tier diagnostic test yang terdiri dari empat tingkatan yaitu soal dengan satu jawaban benar beserta tiga pengecoh, tingkat keyakinan terhadap jawaban, alasan, serta tingkat keyakinan terhadap alasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan pengisian angket serta pengisian tes diagnostik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan mencari persentase miskonsepsi siswa di setiap indikator soal. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa siswa mengalami miskonsepsi di setiap indikator materi Tekanan dan Penerapannya dengan persentase rata-rata miskonsepsi sebesar 34,1%. Persentase tersebut tergolong dalam miskonsepsi kategori sedang. Persentase miskonsepsi tertinggi terjadi pada soal nomor 14 sebesar 48% dengan indikator penerapan hukum Archimedes serta soal nomor 18 sebesar 48% juga, dengan indikator menganalisis tekanan hidrostatis. Berdasarkan hasil pengisian angket siswa, dapat simpulkan bahwa penyebab siswa menjawab soal dengan salah adalah karena konsep awal yang dimiliki siswa salah. Implikasi penelitian ini, pendidik dapat menganalisis miskonsepsi yang dialami oleh siswa, dan menggunakan metode pembelajaran yang cocok supaya miskonsepsi tersebut tidak terulang kembali.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Four-Tier, Diagnostic Test, Tekanan
ABSTRACT
MISCONCEPTION ANALYSIS USING THE FOUR-TIER CERTAINTY OF RESPONSE INDEX: EXPLORATION STUDY AT SMP NEGERI 60 SURABAYA
Name : Rachmania Erika Putri
Study Program : Bachelor Degree of Science Education
Department : Science
Faculty : Mathematic and Science Education
Institution : State University of Surabaya
Adviser : Dr. Hasan Subekti, S. Pd., M. Pd.
The research aims to analyze the misconceptions that occur in students by applying the four-tier certainty of response index method in learning about pressure material and its application. This research uses descriptive research with a quantitative approach. The participants used in this research were 39 students of class IX-A and 36 students of class IX-C of SMP Negeri 60 Surabaya. The research instrument was a four-tier diagnostic test consisting of four levels, namely questions with one correct answer and three distractors, the level of confidence in the answers, the reasons, and the level of confidence in the reasons. Data collection techniques used were filling out questionnaires and filling in diagnostic tests. The data analysis technique used in this research is descriptive quantitative by looking for the percentage of student misconceptions in each item indicator. From the results of the research, it can be seen that students experience misconceptions in each indicator of the material pressure and its application with an average percentage of misconceptions of 34.1%. This percentage belongs to the moderate category misconception. The highest percentage of misconceptions occurred in question number 14 at 48% with an indicator of the application of Archimedes law and question number 18 at 48% as well, with an indicator of analyzing hydrostatic pressure. Based on the results of filling out the student questionnaire, it can be concluded that the reason the students answered the questions incorrectly was that the initial concepts the students had were wrong. By carrying out this research, the teacher can analyze the misconceptions that occur in students, and use appropriate learning methods not to happen again.
Keyword: Misconception, Four-Tier, Diagnostic Test, Pressure