METODE VOCALIZING HUMMING DAN LIP TRILL UNTUK MELATIH TEKNIK VOKAL PADUAN SUARA DI SMP NEGERI 42 SURABAYA
HUMMING AND LIP TRILL VOCALIZING METHODS FOR TRAINING VOCAL CHOIR TECHNIQUES AT SMP NEGERI 42 SURABAYA
Metode vocalizing memiliki pengertian yaitu metode pemanasan, dimana kegiatan awal sebelum kegiatan inti berlangsung. Humming dan lip trill merupakan salah satu bagian dari pemanasan suara atau vocalizing. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar dengan metode vocalizing humming dan lip trill untuk melatih teknik vokal paduan suara di SMP Negeri 42 Surabaya. Rusman mengemukakan bahwa ada tiga hal yang meliputi pelaksanaan pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Oemar hamalik juga mengemukakan bahwa ada tiga hal yang meliputi hasil belajar yaitu pengetahuan, sikap, dan ketrampilan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pelaksanaan pembelajaran pada penelitian ini dilaksanakan tiga kali pertemuan dengan mempelajari materi metode vocalizing humming dan lip trill. Hasil belajar dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa metode vocalizing humming dan lip trill dapat meningkatkan teknik vokal paduan suara peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil belajar yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode vocalizing humming dan lip trill sangat baik untuk melatih teknik vokal paduan suara “Spenpatda Voice” SMP Negeri 42 Surabaya.
The vocalizing method has the meaning of a warm-up method, which is the initial activity before the core activity takes place. Humming and lip trills are one part of vocalizing. The purpose of this research is to explain the implementation of learning and learning outcomes with the vocalizing method of humming and lip trill to train choir vocal techniques at SMP Negeri 42 Surabaya. Rusman suggests that there are three things that include the implementation of learning, namely preliminary activities, core activities, and closing activities. Oemar Hamalik also suggested that there are three things that include learning outcomes, namely knowledge, attitudes, and skills. This research uses descriptive qualitative research methods. The implementation of learning in this study was carried out three times a meeting by studying the material of vocalizing humming and lip trill methods. The learning results of this study can be said that the vocalizing humming and lip trill methods can improve the vocal technique of the choir of students. Based on the research results obtained from the learning outcomes, it can be concluded that the vocalizing humming and lip trill methods are very good for training the vocal techniques of the choir “Spenpatda Voice” SMP Negeri 42 Surabaya.