Bahasa Jerman sebagai salah satu bahasa asing menjadi tuntutan pada era saat ini. Bahasa Jerman memegang peranan penting dalam memajukan pendidikan di era digital. Namun, pembelajaran bahasa Jerman yang ada di sekolah menengah masih terdapat permasalahan terkait kurangnya media dalam penguasaan dan pemahaman materi yang diajarkan kepada peserta didik dalam mempelajari bahasa Jerman terutama pembelajaran keterampilan menyimak. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk memasukkan materi pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman melalui Media Dolar untuk SMA Kelas X semester 2. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pengembangan Punaji (2013) dan Sadiman (2012) dengan melalui tahapan-tahapan yaitu analisis kebutuhan peserta didik, merumuskan tujuan khusus, mengembangkan bahan atau materi, mengembangkan dan menyusun draft media. Pertama, analisis kebutuhan melalui angket hasinya menunjukkan 88,9% peserta didik membutuhkan media pembelajaran pendukung untuk melatih kemampuan dalam bahasa jerman khususnya keterampilan menyimak. Kedua, merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan KD.3.5 dan 4.5 dengan tema Gegenstände in der Schule. Ketiga, mengembangkan bahan atau materi dari buku Deutsch ist Einfach, Kontakte Deutsch, dan Studio D dihasilkan materi 18 Gegenstände in der Schule sesuai Redelmittel, Ausdruck, dan Grammatik yang akan dimasukkan pada Media Dolar. Terakhir, meyusun draft media Dolar. Sehingga dari analisis tersebut menunjukkan bahwa media Dolar yang berisi materi Gegenstände in der Schule dapat digunakan dalam pembelajaran menyimak bahasa Jerman SMA.
German as a foreign language is required in the current era. German has important role of advancing education in the digital era. However, learning German in high schools still has problems of the lack of media in the mastery and understanding of the material were taught to students in learning German, especially in listening skills. Based on the fact, this research aims to insert materials for Listening Skills by Dolar Media for Class X the second semester of Senior High School. This research is a qualitative. This research uses the development research by Punaji (2013) and Sadiman (2012) with the steps : analyzing the needs of students, formulate the learning goals, developing materials, developing and compiling media drafts. First, the analysis the needs of students by questionnaire the results showed that 88.9% of students need supporting learning media to practice their abilities in German, especially listening skills. Second, formulate learning objectives based on KD.3.5 and 4.5 with the theme Gegenstände in der Schule. Third, develope materials from books, it is Deutsch ist Einfach, Kontakte Deutsch, and Studio D. The result is 18 Gegenstände in der Schule material according to Redelmittel, Ausdruck, and Grammatik which is will be inserted in Media Dolar. Finally, design the Dolar Media draft. Therefore, the result of analysis shows that the Dolar media containing Gegenstände in der Schule material can be used for listening skills in German learning to high school.