DESAIN PEMBELAJARAN PENYAJIAN DATA BERBASIS ICT UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP
ICT-BASED DATA PRESENTATION LEARNING DESIGN FOR TRAINING HIGH LEVEL THINKING SKILLS OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran berbasis ICT untuk melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa jenjang SMP. Keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan pada abad 21, karena dimensi kognitif pada keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat melatih siswa untuk menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mengkreasi (C6) suatu permasalahan. Berdasarkan alasan tersebut pada penelitian ini dikembangkan produk desain pembelajaran statistika materi penyajian data berbasis ICT berupa RPP, materi, soal HOTS, dan media berupa aplikasi android yang memudahkan siswa untuk mengakses pembelajaran dimanapun dan kapanpun dengan didukung isi konten berupa permasalahan serta penjelasan dengan kategori HOTS. Model yang digunakan untuk mengembangkan desain pembelajaran pada penelitian ini SAM (Successive Approximation Model) dan untuk mengukur kualitas produk desain pembelajaran yang dikembangkan berpedoman pada Nieveen dengan mengukur kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil kevalidan produk desain pembelajaran didapatkan hasil uji validasi media 85,33% dengan kategori sangat valid, hasil uji validasi materi 80,95% dengan kategori sangat valid, hasil uji soal HOTS 78,51% dengan kategori valid. Uji kepraktisan penelitian ini diukur dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan aktivitas guru pada hari pertama dan kedua 97,22% dengan kategori sangat praktis, serta hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan aktivitas siswa pada hari pertama 97,72% dan hari kedua 97,85% dengan kategori sangat praktis. Uji keefektifan pembelajaran pada penelitian ini diukur dari hasil angket respon siswa dan hasil ketuntasan posttest siswa. Hasil angket respon siswa terhadap perangkat pembelajaran 93,93% memberi respon positif dan respon terhadap kegiatan pembelajaran 89,69% memberi respon positif terhadap desain pembelajaran yang dikembangkan dapat membantu melatih HOTS. Hasil posttest siswa 84,84% siswa mendapatkan nilai , karena hasil posttest siswa tuntas maka dapat dinyatakan tuntas secara klasikal. Hasil analisis peningkatan HOTS menggunakan N-Gain menunjukkan 84,84% siswa dengan kriteria tinggi dan 15,16% siswa dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil N-Gain maka dapat disimpulakan bahwa desain pembelajaran dapat membantu melatih HOTS siswa. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian yang telah dijelaskan, desain pembelajaran berbasis ICT memenuhi kriteria produk desain yang baik karena valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta berdasarkan hasil N-Gain dapat membantu melatih HOTS siswa.
This research is development research which aims to develop an ICT-based learning design to train high-level thinking skills for junior high school students. High-level thinking skills are one of the skills needed in the 21st century, because the cognitive dimension of high-level thinking skills can train students to analyze (C4), evaluate (C5), and create (C6) a problem. Based on these reasons, this research developed statistical learning design products for ICT-based data presentation materials in the form of lesson plans, materials, HOTS questions, and media in the form of Android applications that make it easier for students to access learning anywhere and anytime, supported by content in the form of problems and explanations in the HOTS category. The model used to develop the learning design in this research is SAM (Successive Approximation Model) and to measure the quality of the learning design product developed has a good category using Nieveen by measuring validity, practicality and effectiveness. The results of this research to measure the validity of learning design products showed media validation test results of 85.33% in the very valid category, material test results of 80.95% in the very valid category, HOTS question test results of 78.51% in the valid category. The practicality test of this research was measured from the results of observing the implementation of learning based on teacher activities on the first and second days 97.22% in the very practical category and the results of observing the implementation of learning based on student activities on the first day 97.72% and the second day 97.85% in the category very practical. The learning effectiveness test in this research was measured from the results of student response questionnaires and the results of students' posttest completion. The results of the questionnaire showed that 93.93% of students responded positively to the learning tools and 89.69% responded positively to the learning design that was developed to help train HOTS. The posttest results of 84.84% of students got a score of ≥75, because the posttest results of students completing >80% can be declared classically complete. The results of the HOTS improvement analysis using N-Gain showed 84.84% with high criteria and 15.16% with medium criteria. Based on the N-Gain results, learning design can help train students' HOTS. The conclusion based on the research results that have been explained, ICT-based learning design meets the criteria for a good design product because it is valid, practical and effective for use in the learning process and based on the results of N-Gain it can help train students' HOTS.