FAKTOR KECEMASAN BERBICARA MAHASISWA PADA LEVEL 3 ESC DI SALAH SATU INSTITUSI
FACTORS OF STUDENTS’ SPEAKING ANXIETY IN THE 3rd LEVEL OF ESC IN HIGHER INSTITUTION
ABSTRAK
Nama : Nadhila Amalia Kushadi
NIM : 16020084095
Program Studi : S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas : Fakultas Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Rahayu Kuswardani, S.Pd., M.Appl
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor dominan pada mahasiswa ESC dan untuk mencari aspek-aspek apa saja yang dapat mempengaruhi kecemasan mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Surabaya. Peneliti menggunakan dua instrumen pada penelitian ini, yaitu kuesioner dan wawancara. Kuesioner itu sendiri diadaptasi dari Horwitz, Horwitz dan Scope (1986) dan wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi tentang aspek-aspek apa saja yang mempengaruhi kecemasan mahasiswa saat berbicara. Partisipasi pada penelitian ini adalah mahasiswa ESC pada level 3 dari Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Surabaya. Peneliti mengambil 20 mahasiswa ESC level 3 pada penelitian ini. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan data kualitatif dekskriptif sebagai metode penelitian. Berdasarkan data yang diperoleh, peneliti memperoleh hasil “fear of negative evaluations” sebagai faktor dominan kecemasan mahasiswa ESC pada level 3 saat berbicara. Penulis juga memeproleh data berupa aspek-aspek yang dapat mempengaruhi kecemasan mahasiswa saat berbicara yaitu karena mereka mempunyai kelemahan pada kepercayaan diri dan kosa kata dan terkadang mereka tidak tahu bagaimana mengucapkan beberapa kata. Mereka juga setuju bahwa ESC dapat membantu mereka meningkatkan kepercayaan diri mereka ketika berbicara.
Kata Kunci: Kecemasan Berbicara, English Speaking Community
ABSTRACT
Name : Nadhila Amalia Kushadi
No. Reg : 16020084095
Study Program : S1 English Education
Faculty : Faculty of Languages and Arts
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Rahayu Kuswardani, S.Pd., M.Appl
This research aims to identify the dominant factors in ESC students’ anxiety and to examine what aspects influence the students’ anxiety. This study was conducted at Universitas Negeri Surabaya. The researcher used two instruments in this research, which are questionnaire and interview. The questionnaire was adapted from Horwitz, Horwitz and Scope (1986) and interview were to obtain information about the aspects that influence students’ level of anxiety during speaking. The participant of this study was from ESC students’ in the 3rd level of English Department at Universitas Negeri Surabaya. The researcher took 20 students in the 3rd level of ESC. This research used a descriptive qualitative as the research design. According to the data obtained, the researcher found the dominant factor of ESC students’ in the 3rd level is “fear of negative evaluations”. The researcher also found the aspects influence students’ speaking anxiety because they had a lack of confidence, vocabulary and sometimes they did not know how to pronounce some words. However, they agreed that ESC could improve their self-confidence while speaking.
Keywords: Speaking Anxiety, English Speaking Community