Transformasi di bidang pendidikan saat ini menempatkan karakter sebagai fokus utama pendidikan selain pengembangan intelektualitas yang diwujudkan dalam Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Melalui PPK setiap mata pelajaran dapat diintegrasikan dengan nilai-nilai karakter, termasuk Matematika. Berdasarkan refleksi diri, peneliti pernah mendapatkan pembelajaran Matematika yang mengaitkan nilai karakter dengan salah satu konsep Matematika. Namun demikian sejauh peneliti menempuh pendidikan, kecenderungan pembelajaran Matematika di sekolah masih terfokus pada kemampuan kognitif siswa. Pembelajaran Matematika belum mengaitkan antara konsep Matematika dengan nilai karakter. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengeksplorasi konsep Matematika untuk mentransformasi konteks Matematika SD yang mengandung nilai-nilai karakter, (2) mendeskripsikan pandangan guru terhadap hasil eksplorasi konsep Matematika untuk mentransformasi konteks Matematika SD yang mengandung nilai karakter.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis transformatif. Penelitian transformatif menggunakan desain multi-paradigmatic yang terdiri dari paradigma postmodernism, criticalism, dan interpretivism. Subjek penelitian ini adalah diri peneliti dan guru kelas yang mengajar Matematika kelas rendah dan kelas tinggi di SDIT di Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu critical auto|ethnography untuk mengumpulkan data autoethnography pengalaman masa lalu peneliti, studi literatur untuk menghasilkan konsep Matematika yang mengandung nilai karakter, postmodern interviews untuk mengumpulkan data hasil wawancara dengan guru, dan writing as inquiry untuk menghasilkan temuan yang belum didapatkan sebelumnya.
Hasil penelitian ini yaitu ditemukannya konsep Matematika yang dapat ditransformasikan sehingga mengandung nilai karakter. Nilai karakter religius terdapat pada konsep perbandingan bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif, konsep perbandingan senilai, dan konsep satuan waktu. Nilai karakter integritas terdapat pada konsep pengumpulan dan penyajian data pada statistika, konsep pengukuran kecepatan, jarak, dan waktu, konsep pengukuran berat, dan konsep satuan waktu. Nilai gotong royong terdapat pada konsep perbandingan berbalik nilai. Nilai nasionalis terdapat pada konsep berat, konsep satuan volume, konsep satuan waktu, konsep modus pada statistika, dan konsep satuan luas. Menurut pandangan guru, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai diterapkan pada pembelajaran Matematika di sekolah dasar. Penerapan dan pengembangan hasil penelitian dinilai penting karena dengan memahami konsep Matematika, siswa juga dapat mempelajari nilai karakter dan diaplikasikan dalam kehidupan.
Kata Kunci: Eksplorasi, konsep Matematika, nilai karakter
The transformation in the field of education currently places character as the main focus of education in addition to intellectual development embodied in the Character Education Strengthening Movement. Through this movement, each subject can be integrated with character values, including Mathematics. Based on self reflection, researcher have received Mathematics learning that links character values with one of the concepts of Mathematics. However, as far as researcher takes education, the tendency to learn Mathematics in schools is still focused on students' cognitive abilities. Mathematics Learning has not linked Mathematics concepts with character values. The objectives of this study are (1) to explore the concept of Mathematics to transform elementary Mathematics context that contains character values, (2) describe the teacher's views on the results of the exploration of Mathematical concepts to transform elementary Mathematics contexts that contain character values.
This research is a transformative qualitative research. Transformative research uses multi-paradigmatic design which consists of the paradigm of postmodernism, criticalism, and interpretivism. The subjects of this study were self-researcher and Mathematics teachers who taught low-grade and high-grade at Integrated Islamic Elementary School in Surabaya. The data collection techniques used are critical auto|ethnography to collect auto ethnography data of past experience of researchers, study literature to produce mathematical concepts containing character values, post modern interviews to collect data from interviews with teachers, and writing as inquiry to produce findings that have not been obtained previous.
The results of this study are the discovery of mathematical concepts that can be transformed so that they contain character values. The value of religious character is found in the concept of comparison of positive integers and negative integers, the concept of comparative value, and the concept of unit time. The value of integrity character is found in the concep of data collection and presentation in statistics, the concept of measuring speed, distance, and time, the concept of weight measurement, and the concept of time units. The value of mutual cooperation is found in the concept of a reverse value. The value of nationalist is found in the concept of weight, the concept of unit volume, the concept of unit time, the concept of mode in statistics, and the concept of unit area. Based on the teacher's view, the results of this study can be used in to Mathematics learning in elementary schools. The application and development of research results are considered important because by understanding Mathematics concepts, students can also learn character values and apply them in life.
Keywords: Exploration, Mathematical concepts, Character values