STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MEMOTIVASI MINAT MEMBACA BUKU DIGITAL SISWA
Tujuan penulisan artikel ilmiah ini untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan minat membaca buku digital siswa. Metode yang dilakukan dalam penulisan artikel ilmiah ini menggunakan studi kepustakaan. Data dikumpulkan melalui kajian teks dan hasil-hasil penelitian yang relevan. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: Pertama, data-data yang telah terkumpul diklasifikasi berdasarkan rumusan masalah yang dikaji. Kedua, data-data yang dikaji secara kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis isi. Ketiga, berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data, dilakukan pengambilan kesimpulan yang dilengkapi dengan saran-saran. Hasil kajian artikel ilmiah menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan minat membaca buku digital bagi peserta didik dalam upaya menghasilkan sumber daya manusia yang kritis, berwawasan, mandiri, kompeten dan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, peningkatan minat membaca, buku digital siswa.
The purpose of writing this scientific article is to find out, explain and analyze the leadership of the principal in an effort to increase the interest in reading students' digital books. This method of writing scientific articles uses literature studies. Data is collected through text studies and relevant research results. Data analysis is done by steps: First, the collected data is classified based on the formulation of the problem being studied. Second, qualitatively reviewed data are analyzed using content analysis. Third, based on the results of data analysis and interpretation, conclusions are taken that are equipped with suggestions. The results of scientific article studies show that the headmaster's leadership has a very important role in increasing the interest in reading digital books for learners in an effort to produce critical human resources, insightful, independent, competent and able to improve student learning achievement. Keywords: principal leadership, increased interest in reading, digital books of students.