ABSTRAK
PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER MUSIK HADRAH DENGAN METODE DRILL UNTUK ANAK AUTIS DI SLB NEGERI CERME GRESIK
Nama Mahasiswa :Indana Zulfah
NIM : 14020134066
Prodi/Jurusan : Pendidikan Sendratasik / Sendratasik
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
Pembimbing : Agus Suwahyono, S.Sn.,M.Pd.
Tahun : 2019
Kata Kunci : Ektrakurikuler Musik Hadrah Untuk Anak Autis, Metode Latihan.
Sekolah luar biasa Negeri Cerme Gresik merupakan sekolah untuk anak berkebutuhan khusus di kabupaten Gresik yang menyelenggarakan pembelajaran ekstrakurikuler musik hadrah. Pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler musik hadrah untuk anak autis di Sekolah luar biasa negeri cerme jelas berbeda dengan sekolah sekolah normal pada umumnya. Hal inilah yang mendasari penelitian ini.
Tujuan penelitian: 1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran ekstrakurikuler musik hadrah di SLB Negeri Cerme, 2) mendeskripsikan proses pelaksanaan metode drill dalam pembelajaran ekstrakurikuler musik hadrah di SLB Negeri Cerme, 3) mendeskripsikan hasil belajar yang diperoleh dari pembelajaran ekstrakurikuler musik hadrah di SLB Negeri Cerme, 4) mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi pada pembelajaran ekstrakurikuler musik hadrah di SLB Negeri Cerme.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan objek penelitian ekstrakurikuler musik hadrah di Sekolah luar biasa negeri cerme gresik, yang berlokasi di jl. Jurit, Cerme, Gresik. Sumber data yang digunakan adalah manusia dan non manusia, tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, analisis data, validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi metode.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan yang ada di lapangan sudah sesuai dengan metode yang digunakan oleh pelatih yaitu dengan cara menerapkan metode drill. Hasil dari penerapan metode drill pada pembelajaran ekstrakurikuler musik hadrah untuk anak autis di SLB Negeri Cerme Gresik adalah tercapainya tujuan pembelajaran yang sesuai dengan apa yang di inginkan pelatih yaitu siswa SLB mampu mengikuti pembelajaran dengan baik, dapat menyerap materi pembelajaran dengan baik, seperti anak normal pada lainnya. Dan siswa SLB mampu menjadi pribadi yang berkarakter dan lebih antusias dalam mengikuti ekstrakurikuler musik hadrah di SLB Negeri Cerme Gresik.
ABSTRACT
LEARNING OF HADRAH MUSIC EXTRACURRICULAR USING THE DRILL METHOD FOR AUTISIC CHILDREN IN SLB CERME GRESIK
Student Name : Indana Zulfah
Study Prodram / Departement : Sendratasik/Sendrtasik Education
Faculty of : Language and Art
Name of Institution : Surabaya State University(UNESA)
Supervisor : Agus Suwahyono, S.Sn., M.Pd.
Year : 2019
Keywords : Hadrah Music Extracurricular For Autistic Children,
Exercise Method.
Cerme Gresik's extraordinary state school is a school for children with special needs in Gresik district who organize extracurricular learning of hadrah music. The implementation of hadrah music extracurricular learning for autistic children in the cerme special school is clearly different from normal school schools. This is what underlies this research.
The results of the study showed that the implementation in the field was in accordance with the method used by the trainer by applying the drill method. The results of the application of the drill method on Hadrah music extracurricular learning for autistic children in SLB Cerme Gresik State is the achievement of learning objectives that are in line with what the trainer wants: SLB students are able to follow the learning well, can absorb learning material well, like normal children at the other. And SLB students are able to become individuals who have character and are more enthusiastic in attending extracurricular hadrah music in SLB Negeri Cerme Gresik.