Karakter anak merupakan hal utama yang perlu diperhatikan oleh orang tua untuk mengembangkan karakter anak ke arah yang baik, karena karakter anak sangatlah penting dalam membentuk pribadi yang utuh dan dewasa. Karakter dapat dijadikan penyeimbang bagi perkembangan emosional dan spritual anak kedepannya dalam sikap yang ditampilkan pada kehidupan sehari-hari. Dalam memperoleh perwujudan karakter, makan terjadilah tindak tutur. Tindak tutur merupakan salah satu kajian teori dalam bidang ilmu pragmatik. Tindak tutur merupakan ucapan ujaran-ujaran terhadap lawan tutur atau mitra tutur. Tindak tutur bukan saja ujaran-ujaran yang diucapkan, akan tetapi berfungsi untuk melakukan sesuatu terhadap lawan tutur. Tindak tutur terbagi menjadi tiga jenis, yaitu tindak lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Tindak lokusi merupakan tindakan melalui tuturan berupa ungkapan linguistik. Kemudian adanya tindak ilokusi, tindak ilokusi berfungsi untuk melakukan tindakan melalui tuturan dengan tujuan tertentu terhadap mitra tutur. Tindak perlokusi adalah tuturan yang bergantung pada tindakan yang dilakukan oleh penutur yang menimbulkan akibat kepada lawan tutur melalui tuturannya. Penelitian ini menganalisis tindak tutur dalam novel karya anak Hari-hari di Rainnesthood dan Ellina School, berupa bentuk tindak tutur yang dapat menjadikan perwujudan karakter anak. Berbagai macam karakter yang akan diperoleh dari novel anak tersebut malalui tindak tutur. Sehingga penelitian ini menarik untuk dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur dan perwujudan karakter anak dalam novel karya anak Hari-hari di Rainnesthood dan Ellina School.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif karena memperoleh data berupa teks tertulis. Sumber data pada penelitian ini adalah novel karya anak Hari-hari di Rainnesthood dan Ellina School. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak baca dan teknik catat. Metode analasis data yang digunakan adalah metode padan ortografis dengan teknik analisis hubung banding pemerbedaan (HBB).
Sesuai dengan rumusan masalah, hasil analisis data dalam penelitian ini yaitu karakter anak dalam bentuk tindak tutur lokusi, ilokusi, perlokusi, jenis tindak ilokusi. Bentuk tindak tutur lokusi berfungsi menyampaikan makna tuturan linguistik penutur tanpa adanya keinginan respon dari mitra tutur. Kemudian ilokusi berfungsi sebagai tindak tutur yang selanjutnya mendapatkan respon dari mitra tutur berupa tindakan secara lisan maupun tindakan langsung. Selanjutnya, respon dari mitra tutur yang disampaikan penutur dalam bentuk ilokusi adalah tindak tutur perlokusi. Dalam tindak tutur tersebut terjadilah perwujudan karakter anak yang didukung dari tindak tutur antara penutur dan mitra tutur.
Kata Kunci : Karakter Anak, Tindak Tutur, Lokusi, Ilokusi, Perlokusi.
Child's character is the main thing that needs to be considered by parents to develop children's character in a good direction, because the character of children is very important in forming a whole and mature person. Character can be used as a counterweight to the future emotional and spiritual development of the child in the attitude displayed in everyday life. In obtaining the manifestation of character, eating occurs a speech act. Speech action is one of the theoretical studies in the field of pragmatics. Speech acts are utterances of utterances to opponents of speech or speech partners. Speech acts are not only utterances uttered, but function to do something against opponents. Speech acts are divided into three types, namely act locutionary, illocutionary, and perlocutionary. Acting locus is an act through speech in the form of linguistic expression. Then the existence of illocutionary acts, illocutionary acts serve to carry out actions through speech with a specific purpose towards the speech partner. Protection measures are utterances that depend on the actions taken by the speaker which have an effect on the opponent's speech through his speech. This study analyzes speech acts in children's novels in Rainnesthood and Ellina School days, in the form of speech acts that can make the child's character manifest. Various types of characters that will be obtained from the children's novel through speech acts. So this research is interesting to do. The purpose of this study is to describe the form of speech acts and the manifestation of children's character in children's novels in Rainnesthood and Ellina School.
This research is a qualitative descriptive study for obtaining the data in the form of written text. The data sources in this research are novels by children of the days at Rainnesthood and Ellina School. The data collection method used is a reading method and a note taking technique. The method of analytic data used is orthographic-fit method with a hyphenation analysis technique (HBB).
In accordance with the formulation of the problem, the results of data analysis in this study are the character of the child in the form of speech acts locution, illocutionary, perlokusi, types of illocutionary acts. The speech act form of function is to convey the meaning of the speaker's linguistic speech without the desire of the response from the speech partner. Then ilocutionary functions as a speech act which then gets a response from the speech partner in the form of verbal and direct action. Furthermore, the response from the speeches delivered by speakers in the form of illocutionary acts is the perlocutionary speech act. In the speech act, there is an embodiment of the character of the child which is supported by speech acts between speakers and speech partners.
Key Word : Speech Acts, Locutionary, Ilocutionary, Perlocutionary, Child Character.