Penelitian ini bertujuan (1)
menghasilkan LKPD berbasis Kartun Konsep yang valid, praktis, dan efektif untuk
melatihkan Keterampilan Proses Sains (KPS) di kelas V Sekolah Dasar, (2)
mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan LKPD berbasis Kartun
Konsep untuk melatihkan KPS pada
materi “Perpindahan Kalor”.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan
yang dilakukan dalam empat tahap (4D) yaitu pendefinisian (define) , perancangan (design ),
dan pengembangan (develop) dan
penyebaran (disseminate) . LKPD
berbasis Kartun Konsep dirancang kemudian divalidasi oleh pakar. Hasil validasi
pakar menyatakan bahwa LKPD siap digunakan. Selanjutnya diujicobakan pada peserta
didik kelas V SDN Kedungdoro IV/309 Surabaya dengan One Group Pretest-Postest Design .
Hasil ujicoba
menunjukkan tingkat kevalidan LKPD berbasis Kartun Konsep sangat valid. Hasil penilaian keterbacaan LKPD berbasis Kartun
Konsep menunjukkan rata-rata jumlah kata/kalimat yang dapat dilengkapi peserta
didik pada kelas pengulangan 1 adalah 92,88 dari 104 kata/kalimat atau 89,30%,
sedangan pada kelas pengulangan 2 adalah 93,09 dari 104 kata 89,51%. Tingkat keterlaksanaan
RPP Kelas Pengulangan 1 pada pertemuan 1 sebesar 3,73; pertemuan 2 sebesar
3,52; sedangkan pertemuan 3 sebesar 3,69 dengan, sedangkan pada kelas
pengulangan 2 pertemuan 1 sebesar 3,76; pertemuan 2 sebesar 3,65; sedangkan
pertemuan 3 sebesar 3,62.
Aktivitas
peserta didik pada kelas pengulangan 1 pertemuan ke 1, ke 2, dan ke 3
persentase aktivitas keterampilan proses mengamati mempunyai rata-rata 13,19%;
hipotesis 14,19%; melakukan percobaan 13,03%; mengukur 14,44%; mengklasifikasi
11,97%; menginferensi 13,92%; mengomunikasikan 13,47%; menyimpulkan 13,78%.
Sedangkan pada kelas pengulangan 2 pertemuan ke 1, ke 2, dan ke 3 persentase aktivitas
keterampilan proses mengamati mempunyai rata-rata 13,22%; hipotesis 14,23%;
melakukan percobaan 13,00%; mengukur 14,40%; mengklasifikasi 66%; menginferensi
13,97%; mengomunikasikan 13,47%; menyimpulkan 13,84%. Rata-rata gain skor aspek
KPS pada kelas pengulangan 1 sebesar 0,66 sedangkan pada kelas pengulangan 2
adalah 0,67. Dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan untuk materi
perpindahan panas pada peserta didik kelas V SD sudah layak untuk dipergunakan
dalam proses pembelajaran ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan
keefektifannya.
Kata kunci: LKPD, Kartun Konsep, Inkuiri Terstruktur, Keterampilan Proses Sains (KPS)