Pada kurikulum 2013, bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang mengedepankan pembelajaran berbasis teks. Teks deskripsi merupakan salah satu teks yang dipelajari dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe untuk menulis teks deskripsi. Media yang dikembangkan menggunakan program Sparkol Videoscribe yang dapat menghasilkan sebuah video menarik dengan tampilan gambar, tulisan, dan suara yang diinginkan. Media pembelajaran yang inovatif sangat dibutuhkan untuk meningkatkan minat dan semangat belajar peserta didik.
Penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan model Sadiman dengan mengadaptasi model pengembangan Sugiyono dalam langkah validasi untuk menguji kevalidan produk. Sumber data penelitian ini yaitu, peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 2 Bancar, pendidik, validator, dan pengamat. Data pada penelitian ini yaitu, proses pengembangan, dan kualitas media pembelajaran. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu, teknik validasi, teknik observasi, teknik tes, dan teknik angket. Berdasarkan teknik yang digunakan maka instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu, lembar validasi, lembar observasi, soal hasil belajar, dan lembar angket. Data yang sudah dihasilkan kemudian dihitung secara kuantitatif menggunakan rumus pada teknik analisis data.
Hasil penelitian ini berupa proses pengembangan dan kualitas media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe. Penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan model Sadiman yang meliputi, analisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik, merumuskan tujuan, merumuskan butir-butir materi, menyusun alat pengukur keberhasilan, menulis naskah media,validasi, uji coba, revisi, dan naskah siap diproduksi. Kualitas media pembelajaran “sangat efektif” dengan nilai 90,6 yang diperoleh dari hasil kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Kevalidan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe dikategorikan “sangat layak” dengan nilai rata-rata 92%. Keefektifan media pembelajaran masuk dalam kategori “sangat efektif” dengan nilai rata-rata 86,96. Keefektifan diperoleh berdasarkan hasil observasi aktivitas pendidik menunjukkan persentase 87%, hasil observasi aktivitas peserta didik menunjukkan persentase 90%, dan hasil belajar peserta didik menunjukkan rata-rata nilai 83,9. Kepraktisan media pembelajaran menunjukkan persentase 93% yang masuk kategori “sangat praktis”.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Sparkol Videoscribe, Teks Deskripsi, Kualitas
According 2013 curriculum, Bahasa Indonesia is a subject that emphasizes text-based learning. One of the text-based learning in Bahasa is descriptive text. This study developed a learning media based on Sparkol Videoscribe for writing descriptive text. The developed media was created using the program Sparkol Videoscribe which can produce an interesting video with the desired image, writing and sound. This is in accordance to the importance of innovative learning media which is needed to increase students' interest and enthusiasm for learning.
This study applied the Sadiman’s design in his development model by adapting Sugiyono's in validating the step for testing the validity of the product. The source of this research data is students of 7th grade class A in State Junior High School 2 Bancar, educators, validators, and observers. The data in this study are the development process and the quality of learning media. The techniques used to collect data are validation techniques, observation techniques, test techniques and questionnaire techniques. Furthermore, the research instruments are validation sheets, observation sheets, questionnaire sheets and learning outcomes. The generated data was then calculated quantitatively using the formula in the data analysis technique.
The results of this study are the process of developing and learning media quality based on Sparkol Videoscribe. This study applied the Sadiman’s design of model development which includes analyzing the needs and students’ characteristics, formulating objectives, formulating items, compiling a success measurement, writing a media script, validating, testing, revising, and producing ready manuscripts. The quality of learning media is "very effective" with a value of 90.6 obtained from the results of validity, effectiveness, and practicality. The validity of learning media based on Sparkol Videoscribe is categorized as "very feasible" with an average value of 92%. The effectiveness of learning media is in the category of "very effective" with an average value of 86.96. The effectiveness obtained based on the results of observations of educator activities is 87%, the results of observations of student activities indicate a percentage of 90%, and student learning outcomes are in the average value of 83.9. The practicality of learning media generates the percentage of 93% in the "very practical" category.
Key words : Learning Media, Sparkol Videoscribe, Descriptive Text, Quality