Pertumbuhan industri kosmetik beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan hingga double digit, hal ini seiring tren masyarakat yang mulai memperhatikan produk kecantikan sebagai kebutuhan utama bahkan bisa dikatakan wanita dan kosmetik tidak dapat dipisahkan. Seiring berjalannya waktu kualitas kosmetik lokal tidak kalah dengan kualitas kosmetik merek luar, dan beberapa kosmetik lokal sudah bersertifikat halal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membahas mengenai pengaruh kualitas produk dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode pengambilan sampel yaitu judgemental sampling dan diperoleh sebanyak 210 responden. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian konklusif. Populasi dalam penelitian ini adalah responden yang merupakan pengguna kosmetik lokal dengan usia minimal 17 tahun yang berisfat infinite dan telah melakukan pembelian dan menggunakan kosmetik lokal. Penyebaran angket secara offline dengan menggunakan skala likert dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kelompok referensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian ini kelompok referensi memiliki pengaruh yang paling besar daripada kualitas produk terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci : kelompok referensi, keputusan pembelian, kosmetik lokal, kualitas produk, produk kecantikan.
The growth of the cosmetics industry in the last few years has increased to double digits, this is in line with the trend of people who are starting to pay attention to beauty products as a primary need and it can even be said that women and cosmetics cannot be separated. Over time the quality of local cosmetics is not inferior to the quality of outside brand cosmetics, and some local cosmetics are already certified halal. The purpose of this study is to analyze and discuss the effect of product quality and reference groups on purchasing decisions.
This research using non-probalbility sampling with judgmental sampling method and obtained as many as 210 respondents. The design in this study is conclusive research. The population in this study were respondents who were local cosmetic users with a minimum age of 17 who were infinite and had made purchases and used local cosmetics. Distribution of questionnaires offline using a Likert scale and data analysis used is multiple linear regression analysis.
The results showed that product quality significantly influenced purchasing decisions. The reference group has a significant effect on purchasing decisions. In this study the reference group has the most influence than product quality on purchasing decisions.
Keywords: beauty product, cosmetics local, product quality, purchase decision, reference group.