Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah, dibanding hasil belajar bagi siswa menggunakan model pembelajaran langsung (2) menganalisis hasil belajar bagi siswa yang mempunyai tingkat motivasi belajar tinggi, dibanding hasil belajar bagi siswa yang mempunyai tingkat motivasi belajar rendah dan (3) menganalisis interaksi antara model pembelajaran dan tingkat motivasi belajar terhadap hasil belajar Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eskperimen bentuk factorial design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa pada kompetensi sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Boga1 sebagai kelas eksperimen dan siswa X Boga 2 sebagai kelas kontrol. Data dianalisis yaitu dengan analisys of varians (Anova) dua jalur setelah memenuhi syarat uji normalitas dan homogenitas. Dari hasil uji hipotesis dengan teknik Anacova, dapat disimpulkan bahwa (1) hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor bagi siswa yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah, lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung (2) hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor bagi siswa dengan motivasi belajar tinggi, lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar siswa dengan motivasi belajar rendah (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.
This research aims to (1) analyze the student learning outcomes using the problem-based learning model, compare to the student learning outcomes using the direct learning model (2) analyze the student learning outcomes that have a high level of learning motivation, compare to the student learning outcomes that have a low level of learning motivation and (3) analyze the interaction between the learning model and the level of learning motivation towards the learning outcomes.The type of this research is experimental research that is the factorial design. The research population is all of the students in this competence. Therefore, the research samples are the students of Class X of Culinary Art 1 as the experimental class and the students of Class X of Culinary Art 2 as the control class. The researcher analyzed the data using the analysis of variance (ANOVA) two line after accomplishing the normality and homogeneity test requirement. Based on the result of hypothesis test using ANOVA technique, the researcher found that (1) the student learning outcomes of cognitive, affective and psychomotor aspects using problem-based learning model was significantly higher than the student learning outcomes using the direct learning model (2) the student learning outcomes of cognitive, affective, and psychomotor aspects that had a high learning motivation was significantly higher than the student learning outcomes that had a low learning motivation (3) It had the interaction between learning model and learning motivation towards the learning outcomes in the cognitive, affective, and psychomotor aspects