ANALISIS KELAYAKAN PENGEMBANGAN JOBSHEET SEBAGAI BAHAN AJAR PESERTA DIDIK (STUDI LITERATUR)
FEASIBILITY ANALYSIS OF JOBSHEET DEVELOPMENT AS STUDENT TEACHING MATERIAL (LITERATURE STUDY)
Jobsheet adalah lembaran berisi tugas atau intruksi yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kelayakan pengembangan jobsheet sebagai bahan ajar untuk peserta didik yang digunakan untuk praktek di bengkel. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Penelitian ini merumuskan kelayakan (kevalidan, keefektifan, kepraktisan) untuk pengembangan jobsheet sebagai intruksi peserta didik melakukan praktek di bengkel. Hasil penelitian pada aspek validitas dinyatakan sangat valid dengan rerata 86,59%, aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa dengan rerata 83,64% atau pada kategori sangat praktis, terdapat peningkatan yang signifikan hasil belajar peserta didik antara sebelum dan sesudah menggunakan jobsheet pada kategori sangat efektif dengan rerata 82,89%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa jobsheet ini layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Jobsheet is sheet containing assignments or instructions that must be done by students. The purpose of this study was to analyze the feasibility of developing a jobsheet as teaching material for students to practice in workshops.This research uses literature study method. This study formulates the feasibility (validity, effectiveness, practicality) for the development of a jobsheet as an instruction for students to practice in a workshop.The results of the research on the validity aspect were stated to be very valid with an average of 86.59%, the practicality aspect in terms of student responses with a mean of 83.64% or in the very practical category, there was a significant increase in student learning outcomes between before and after using the jobsheet in the category. very effective with an average of 82.89%. Therefore, it can be concluded that this jobsheet is suitable to be used to improve student learning outcomes.