PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA HOTS DITINJAU DARI JENIS KELAMIN
THE CRITICAL THINGKING PROFILE OF STUDENTS IN SOLVING HOTS MATHEMATICS QUESTIONS IN TERMS OF GENDER
Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir individu dalam mengelola informasi, menemukan solusi, serta mengevaluasi dari permasalahan yang diperoleh berdasarkan enam kriteria, berikut (1)Focus (Fokus), (2)Reason (Alasan), (3)Inference (Menyimpulkan), (4)Situation (Situasi), (5)Clarity (Kejelasan) dan (6)Overview (Tinjauan Kembali). Dalam mencapai kemampuan berpikir kritis dapat penerapan soal HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal matematika HOTS ditinjau dari jenis kelamin. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan matematika dan soal matematika HOTS. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua siswa SMP, satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan dengan kemampuan matematika yang tinggi. Hasil penelitian kemampuan berpikir kritis siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam menyelesaikan soal matematika HOTS menunjukan bahwa siswa mampu memahami dan menemukan inti permasalahan, dapat memberikan alasan yang mendukung cara yang siswa gunakan, serta dapat menarik kesimpulan dengan menggunakan cara yang telah siswa tentukan. Namun hanya siswa perempuan yang dapat mengungkapkan faktor penting yang mendukung cara yang digunakan, serta dapat menjelesakan istilah pada setiap langkah penyelesaiannya.
Kata Kunci: Bepikir Kritis, Higher Order Thinkig Skill, Soal Matematika
Critical thinking skills are the ability to think individuals in managing information, finding solutions, and evaluating the problems obtained based on six criteria, as follows (1) Focus, (2) Reason, (3) Inference, (4) Situation, (5) Clarity and (6) Overview. In achieving critical thinking skills, you can apply HOTS questions. This research is a descriptive study with a qualitative approach that aims to describe students' critical thinking skills in solving HOTS math problems in terms of gender. The instruments used in this study were a math ability test and HOTS math problems. The subjects used in this study consisted of two junior high school students, one male student and one female student with high math ability. The results of the research on male and female students' critical thinking skills in solving HOTS math problems show that students are able to understand and find the core of the problem, can provide reasons that support the way students use, and can draw conclusions using the method students have specified. However, only female students can reveal important factors that support the method used, and can explain the term at every step of its completion.
Keywords: Critical Thinking, Higher Order Thinking Skill, Mathematical Problems