DEVELOPMENT OF AUDIO SYSTEM INSTALLATION MEDIA TRAINER IN THE PLANNING AND INSTALLATION OF AUDIO VIDEO SYSTEM IN CLASS XI TAV IN SMK NEGERI 3 JOMBANG
Motivasi penelitian ini adalah observasi di SMKN 3 Jombang, dimana tidak ada trainer yang mendukung magang siswa. Untuk itu diperlukan suatu dasar pembelajaran agar siswa dapat belajar secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat trainer instalasi audio system yang efektif dan efisien. Untuk mengumpulkan informasi tentang penelitian digunakan lembar validasi yang dikirimkan kepada 2 orang dosen Fakultas Teknik Elektro UNESA dan 1 orang tenaga pendidik di SMKN 3 Jombang sebagai validator. Metodologi penelitian menggunakan penelitian dan perbaikan (R&D). Penelitian terdiri dari 7 (7) tahapan, yaitu: (1) analisis kemungkinan dan masalah, (2) tahapan pengumpulan informasi, (3) tahapan konsep barang, (4) tahapan validasi barang, (5) tahapan perbaikan barang, (6) Tahap penelitian komoditas, (7) tahap dan ruang lingkup analisis informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan pada trainer sebesar 95,08% dan jobsheet sebesar 81,77%. Sedangkan, nilai rata-rata hasil respon siswa pada trainer instalasi sistem audio dengan 2 aspek yaitu aspek kemudahan trainer dan aspek tampilan dan kualitas media diperoleh hasil perhitungan sebesar 88.71%. Dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan media bimbingan, memasang audio system menjadikan pembelajaran lebih efektif, sehingga siswa tidak bosan dengan filosofi, tetapi siswa juga dapat belajar menggunakan alat bantu bimbingan oleg trainer.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Trainer Instalasi Sistem Audio, R&D
The inspiration for this connection comes from the observations from Jombang SMKN 3, where there are no trainers supporting temporary undergraduate positions. So, the scientific method is expected to enable students to get an answer on their own. The purpose of the inquiry is to conduct an effective and sane test system for starting an audio interaction. To this end, 2 teachers from UNESCO Cultivate of Electrical Engineering and 1 teacher from SMKN 3 Jombang were used as verifiers for a summary of reality. This shift uses research and development (R&D) to pursue its goal. The exam consists of seven (seven) videlicet items (1) strength and problem therapy (2) reality abstract orchestration (3) planning creation organizing (4) controlling mastermind creation (5) creating change organizing (6) production flow structure (7) Fact analysis and specification of orchestrations The results showed a convincing mentor rating of 95.08% and a successful grant rating for authorized activities was 81.77%.. Meanwhile, the average value of the student response results to the audio system installation trainer with 2 aspects, namely the trainer convenience aspect and the display and media quality aspects, the calculation result was 88.71%. Judging from the benefits and advantages of the instructor learning media, the The basis of the sound system builds erudition in a simple way, so subordinates will not be stunned by the hypothesis, but they can also use the carriers of the mentor's erudition to reproduce.
Keywords : Learning Media, Audio System Installation Trainer, R&D