BIJI-BIJIAN SEBAGAI MEDIA BERKARYA SENI MOZAIK 2 DIMENSI SISWA KELAS XI MIPA 9 SMA NEGERI 2 MADIUN
SEEDS AS A MEDIA FOR WORKING 2 DIMENSIONAL MOSAIC ART FOR CLASS XI MIPA 9 STUDENTS OF SMA NEGERI 2 MADIUN
Di SMAN 2 Madiun, pembelajaran seni rupa cukup diminati banyak siswa, namun dalam penerapan pembelajarannya masih minim variasi, monoton, dan kurang inovatif dari segi bahan dan teknik. Pada kesempatan kali ini peneliti mengajak siswa untuk berkarya seni mozaik 2 dimensi dari bahan alam biji-bijian sebagai salah satu bentuk inovasi baru. Mozaik dari bahan alam biji-bijian dipilih karena belum pernah diterapkan selama pembelajaran seni rupa untuk berkarya di kelas XI.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses, mendeskripsikan hasil karya, dan Mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan pemanfaatan biji-bijian sebagai media berkarya seni mozaik 2 dimensi siswa kelas XI Mipa 9 SMA Negeri 2 Madiun.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI 9 SMAN 2 Madiun. Terdapat 4 teknik pengumpulan data yaitu observasi, praktek siswa, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data penelitian melakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, kemudian divalidasi dengan data sumber.
Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas XI MIPA 9 SMAN 2 Madiun telah melaksanakan pembelajaran berkarya seni mozaik 2 dimensi dari bahan alam biji-bijian dalam 2 kali pertemuan dengan terstruktur. Pada pertemuan pertama adalah penyampaian materi pembelajaran, siswa membentuk kelompok, membuat desain karya, mempersiapkan bahan alat dan mulai menempelkan biji-bijian pada desain dan dibuat bersama kelompok. Selanjutnya pada pertemuan kedua yaitu finishing karya, presentasi hasil karya, penilaian karya, dan pengisian angket kuisioner oleh siswa. Dari penelitian ini telah dihasilkan 10 karya mozaik bertema khas kota Madiun dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 70. Dengan kategori sangat baik sebesar 17% siswa, kategori baik sebesar 39% siswa, dan kategori cukup baik sebesar 44% siswa dari jumlah total 36 siswa. Nilai yang diperoleh siswa merupakan penilaian dengan kriteria : ide gagasan, tingkat kesulitan, kerapian karya, dan presentasi karya. Kendala siswa dalam proses berkarya antara lain yaitu terdapat pada penentuan ide gagasan karya, managemen waktu, dan teknik dalam berkarya. Guru seni budaya memberikan respon positif dan mengaku cukup terbantu dengan dilaksanakannya pengkaryaan seni mozaik 2 dimensi dari bahan alam biji-bijian di kelas XI MIPA 9 ini, karena menambah referensi baru bagi guru yang dapat diterapkan dalam pembelajaran seni rupa kedepannya dan juga menambah wawasan dan pengalaman baru bagi para siswa.
Kata kunci : mozaik, biji-bijian, karya, media, seni
At SMAN 2 Madiun, learning fine arts is quite popular with many students, but the implementation of the learning still lacks variety, is monotonous, and lacks innovation in terms of materials and techniques. On this occasion, researchers invited students to create 2-dimensional mosaic art from natural grain materials as a form of new innovation. Mosaics made from natural grain materials were chosen because they had never been used during fine arts learning for work in class XI.
This research aims to describe the process, describe the results of the work, and find out the obstacles faced in implementing activities to use grain as a medium for creating 2-dimensional mosaic art for class XI Mipa 9 students at SMA Negeri 2 Madiun.
This research uses a qualitative descriptive method with the research subjects being class XI 9 students at SMAN 2 Madiun. There are 4 data collection techniques, namely observation, student practice, interviews and documentation. Meanwhile, research data analysis was carried out by data reduction, data presentation, and drawing conclusions, then validated by source data.
The results of the research show that students in class At the first meeting, the learning material is delivered, students form groups, students create work designs, students prepare tool materials and start attaching grains to the design and create it together with the group. Next, the second meeting includes finishing the work, presenting the work, evaluating the work, and filling out the questionnaire by the students. From this research, 10 mosaic works with a typical Madiun city theme have been produced with the highest score of 90 and the lowest score of 70. With a very good category of 17% of students, a good category of 39% of students, and a fairly good category of 44% of students out of a total of 36 students. The grades obtained by students are an assessment based on the criteria: ideas, level of difficulty, neatness of the work, and presentation of the work. Obstacles for students in the work process include determining work ideas, time management, and work techniques. The arts and culture teacher gave a positive response and admitted that he was quite helped by the implementation of the 2-dimensional mosaic art work from natural grain materials in class new for students.
Key words: mosaic, seeds, work, media, art