Promotional Relationship Toward Community Participation In Kampung Lali Gadget Program (Survey On The Village Community Of Pagerngumbuk)
Salah satu cara dalam memperkenalkan sebuah produk yaitu dengan melakukan promosi. Dengan adanya promosi, diharapkan dapat dikenal oleh masyarakat luas, dan menambah partisipasi masyarakat. Hal itulah yang dilakukan oleh Kampung Lali Gadget, yang merupakan program gagasan dari para pemuda di desa Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo. Mereka menggunakan strategi promosi untuk menarik partisipasi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan promosi terhadap partisipasi masyarakat desa Pagerngumbuk dalam Program Kampung Lali Gadget. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei berupa kuesioner yang disebarkan kepada responden. Sampel penelitian ini yaitu masyarakat yang berdomisili di desa Pagerngumbuk dan mengetahui program Kampung Lali Gadget dengan jumlah sampel sebanyak 355 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah spearman rank correlation dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara promosi terhadap partisipasi masyarakat dalam program Kampung Lali Gadget dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,491 terhadap taraf kesalahan (alpha) 0,05. Adapun hal-hal yang perlu ditingkatkan adalah promosi yang dilakukan di website dan keikutsertaan masyarakat dalam mengikuti kegiatan pada KLG.
Kata kunci: promosi, partisipasi masyarakat, kampung lali gadget, pagerngumbuk
One way to introduce a product is by doing promotion. With the promotion, it is hoped that it can be known by the wider community, and increase community participation. This is what Lali Gadget Village is doing, which is a program of ideas from youth in Pagerngumbuk Village, Wonoayu District, Sidoarjo Regency. They use promotional strategies to attract community participation. This study aims to see the relationship between promotion and community participation in Pagerngumbuk village in the Kampung Lali Gadget Program. This study uses a quantitative approach with a survey method in the form of a questionnaire distributed to respondents. The sample of this research is the people who live in Pagerngumbuk village and know the Kampung Lali Gadget program with a total sample of 355 respondents. The data analysis method used was the Spearman rank correlation with the help of SPSS. The results showed that there was a positive and significant relationship between promotion and community participation in the Kampung Lali Gadget program with a correlation coefficient of 0.491 against a level of error of 0.05. The things that need to be improved are promotions carried out on the website and community participation in participating in activities at KLG.
Keywords: promotion, community participation, gadget lali village, pagerngumbuk