Abstrak
Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, aktivitas siswa, keterampilan komunikasi
siswa, serta ketuntasan hasil belajar ranah kognitif siswa selama diterapkannya
model pembelajaran Numbered Heads
Together . Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan
desain penelitian One Group
Pretest-Postest Design . Sasaran penelitian ini yaitu XI MIPA 2 SMA Negeri
11 Surabaya yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Kualitas
keterlaksanaan model pembelajaran NHT dalam kategori
sangat baik dengan skor rata-rata berturut-turut yaitu 3,7; 3,8, dan 3,8 , (2) Aktivitas siswa yang teramati diperoleh dari persentase
aktivitas siswa yang relevan lebih besar dibandingkan
persentase aktivitas siswa yang tidak relevan secara berturut-turut yaitu 91,67%, 95,56%,
dan 96,67% , (3) Kuantitas bertanya siswa secara berurutan yaitu 30,56%, 61,11%, 69,44% dan kuantitas
berpendapat siswa secara berurutan yaitu 61,11%, 72,22%, 83,33%. Kualitas
bertanya siswa yang mendapatkan predikat baik sekali secara berturut-turut
yaitu 19,44%, 25,00%, 30,56% dan kualitas berpendapat siswa yang mendapatkan
predikat baik sekali secara berturut-turut yaitu 13,89%, 41,66%, dan 41,66%,
(4) Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal
sebesar 94,44% telah
mencapai nilai ketuntasan ≥ 75 , N -gain score sebesar 91,67% mendapatkan
kategori tinggi dan 8,33% dengan
kategori sedang.
Kata kunci : Keterampilan komunikasi, Numbered Heads Together , Asam Basa