COMPUTATIONAL THINKING OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN SOLVING OPEN ENDED MATHEMATICS PROBLEMS
ABSTRAK
Paranita Ristiana Meitjing. 2023. Berpikir Komputasional Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr.Yusuf Fuad, M.App.Sc., dan (2) Dr. Janet Trineke Manoy, M.Pd.
Kata kunci: Berpikir Komputasional, Pemecahan Masalah, Masalah Open-Ended
Keterampilan berpikir komputasional (CT) semakin popular diterapkan pada kurikulum sekolah di banyak negara termasuk Indonesia. Masalah open-ended dapat menjadi salah satu instrumen untuk mengamati proses berpikir komputasional dalam memecahan masalah. Serangkaian aktivitas berpikir untuk memecahkan masalah dengan abstraksi, dekomposisi, berpikir algoritmik, generalisasi serta dengan debugging akan disajikan dari masalah yang diberikan kepada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif, Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasional siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah open-ended matematika. Subjek pada penelitian ini merupakan beberapa siswa kelas VIII salah satu SMP Gloria 2 di kota Surabaya yang terdiri dari 55 siswa yang telah diberikan TKM dan TPM, kemudian dipilih 3 siswa yang memiliki jawaban untuk dideskripsikan proses dan hasil berpikir komputasional pemecahan masalah open-ended matematika. Siswa dengan kategori kemampuan matematika tinggi dapat memahami, merencanakan, menyelesaikan, menyelesaikan serta memeriksa kembali solusi yang dibuat dengan benar, serta dapat menyajikan solusi dengan tepat. Siswa pada kategori kemampuan matematika sedang memiliki hasil yang kurang lengkap pada solusi akhir, cara yang diberikan juga kurang tepat sehingga hasil akhirnya tidak tepat. Siswa dalam kategori sedang mengalami permasalahan pada aspek berpikir algoritmik dan melakukan generalisasi serta kurang teliti saat melakukan debugging. Siswa dengan kategori kemampuan matematika rendah tidak dapat memenuhi seluruh indikator komputasional dengan lengkap dan tepat.
ABSTRACT
Paranita Ristiana Meitjing. 2023. Computational Thinking of Junior High School Students in Solving Open-Ended Mathematics Problems. Thesis, Mathematics Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences Education. Supervisor: (1) Dr.Yusuf Fuad, M.App.Sc., dan (2) Dr. Janet Trineke Manoy, M.Pd.
Kata kunci: Computational Thinking (CT), Problem Solving, Open-ended problem
In numerous countries, including Indonesia, Computational Thinking (CT) skills are implemented into the school curriculum. One of the instruments for observing the computational thinking (CT) process in problem solving is open-ended. Students will be presented with a sequence of thinking activities to address problems based on abstraction, decomposition, algorithmic thinking, generalisation, and debugging. This study employed the descriptive qualitative method to describe the computational thinking ability of eighth-grade Junior High School students in solving open-ended mathematics problems. The study’s subjects comprised 55 students in eighth grade who obtained the TKM and TPM tests from SMP Gloria 2 in Surabaya. Subsequently, three students were selected based on scores in high, medium and low categories that are consistent in TKM, report card scores and TPM 1 to describe the process and results of computational thinking in solving open-ended mathematics problems. Students in the high category could comprehend, plan, solve, complete, reexamine and present the correct solution appropriately. Students in the medium category had incomplete results in their final solution; their method was less precise; therefore, the final result must be rectified. Students in the moderate category had difficulty with algorithmic thinking and generalisation; they were also required to be more cautious while debugging. Students in the low computational thinking category do not fulfill incomplete all computational components