Pengembangan Media Video Tutorial Pada Pembuatan Desain Busana Anak Secara Digital Berbasis Sketchbook Di Kelas XI SMK Negeri 1 Jabon
Development of Video Tutorial Media For Making Digital Children’s Fashion Design Based on Sketchbook in Class XI SMK Negeri 1 Jabon
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kelayakan media video tutorial pembuatan desain busana anak secara digital berbasis sketchbook di kelas XI SMK Negeri 1 Jabon dan (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa pada ranah psikomotorik atau keterampilan setelah menerapkan pembelajaran dengan media video tutorial yang telah dikembangkan. Hasil kelayakan media diperoleh dari penilaian oleh ahli materi dan ahli media. Serta hasil belajar siswa yang dinilai berdasarkan rubrik penilaian hasil keterampilan membuat desain. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE, dengan 5 fase atau tahapan yaitu: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana 2 SMK Negeri 1 Jabon yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi dan tes hasil belajar praktik siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) hasil validasi media video tutorial yang dikembangkan sangat layak diterapkan, dengan persentase kelayakan dari hasil validasi oleh ahli materi sebesar 92,5% dan validasi ahli media mendapatkan persentase kelayakan sebesar 92,67%, (2) hasil belajar siswa pada ranah psikomotor atau keterampilan setelah menerapkan media video tutotrial yang dikembangkan mencapai nilai rata-rata 88,2 dengan kategori “sangat baik” dan memenuhi standar presentase ketuntasan mencapai persentase sebesar 94,4%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) media pembelajaran video tutorial pembuatan desain busana anak secara digital berbasis sketchbook sangat layak diterapkan pada pembelajaran dan (2) media video tutorial yang dikembangkan dapat membantu siswa mencapai hasil belajar yang maksimal dalam pelajaran praktik pembuatan desain busana anak secara digital berbasis sketchbook di kelas XI Tata Busana 2 SMK Negeri 1 Jabon.
Kata-kata kunci : desain digital, sketchbook, video tutorial
This study aims to (1) describe the feasibility of video tutorial learning media for making digital children's fashion designs based on sketchbooks in class XI SMK Negeri 1 Jabon and (2) describe student learning outcomes in the psychomotor or skill domain after implementing learning with the developed video tutorial media. The results of media feasibility are obtained from the assessment by material experts and media experts. As well as student learning outcomes that are assessed based on a rubric for assessing the results of design-making skills. This development research uses the ADDIE model, with 5 phases or stages, namely: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. The subjects of this study were students of class XI Fashion Management 2 SMK Negeri 1 Jabon, totaling 36 students. The data collection techniques used were validation questionnaires and student practical learning outcomes tests.
The results of this study indicate that: (1) the results of the validation of the video tutorial media developed are very feasible to apply, with a percentage of feasibility from the results of validation by material experts of 92.5% and media expert validation getting a percentage of feasibility of 92.67%, (2) student learning outcomes in the psychomotor or skill domain after applying the tutotrial video media developed reached an average value of 88.2 with the category "very good" and met the standard percentage of completeness reaching a percentage of 94.4%. From the results of this research it can be concluded that
Keywords: digital design, sketchbook, video tutorial