Hubungan antara Konsep Diri dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik di Sekolah Menengah Atas Kecamatan Babat Lamongan
The Relationship between Self-Concept and Self-Efficacy with Academic Procrastination in Senior High School Babat Lamongan
ABSTRAK
Rosyadi, Aldy Rahmat. 2022. Hubungan antara Konsep Diri dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik di Sekolah Menengah Atas Kecamatan Babat Lamongan. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Najlatun Naqiyah, M.Pd. dan (II) Dr. Retno Tri Hariastuti, M.Pd. Kons.
Kata-kata Kunci: Prokrastinasi Akademik, Konsep Diri, Efikasi Diri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji atau mengetahui hubungan antara konsep diri dengan prokrastinasi akademik, efikasi diri dengan prokrastinasi akademik serta konsep diri dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan korelasi product moment. Subjek dari penelitian ini adalah para peserta didik di SMA Kecamatan Babat Lamongan yang dimana dilakukan dengan cara memberikan instrumen angket, sehingga kemudian di analisis menggunakan uji normalitas, uji hipotesis, dan menggunakan uji korelasi product moment.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh bahwa terdapat hubungan antara konsep diri dengan prokrastinasi akademik dengan skor nilai nilai korelasi 0,173. Nilai korelasinya berada diantara 0,00 – 0,199 yang mengartikan bahwa memiliki hubungan tetapi sangat rendah. Hasil penelitian lainnya juga terdapat hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik dengan skor nilai 0,171. Menunjukkan bahwa nilai korelasinya berada diantara 0,00 – 0,199 yang mengartikan bahwa hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi memiliki hubungan tetapi dengan tingkatan sangat rendah. Terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara variabel konsep diri dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik dengan nilai korelasi 1. Apabila melihat nilai korelasinya, maka berada diantara 0,80 – 1,000 yang menyatakan bahwa hubungan kedua variabel bebas dengan variabel terikat sangat kuat, artinya semakin baik konsep diri dan efikasi diri yang dimiliki oleh siswa maka prokrastinasinya pun akan dapat dikendalikan.
ABSTRACT
Rosyadi, Aldy Rahmat. 2022. The Relationship between Self-Concept and Self-Efficacy with Academic Procrastination in Senior High School Babat Lamongan. Thesis. Counseling Guidance Study Program, Postgraduate, State University of Surabaya. Supervisor: (I) Dr. Najlatun Naqiyah, M.Pd. dan (II) Dr. Retno Tri Hariastuti, M.Pd. Kons.
Keywords : Academic Procrastination, Self Concept, Self Efficacy.
The purpose of this study was to examine or determine the relationship between self-concept and academic procrastination, self-efficacy and academic procrastination and self-concept and self-efficacy with academic procrastination. This type of research is quantitative research using product moment correlation. The subjects of this study were students in SMA Babat Lamongan District which was carried out by giving a questionnaire instrument, so that it was then analyzed using normality tests, hypothesis testing, and using product moment correlation tests.
From the results of research that has been carried out, it is found that there is a relationship between self-concept and academic procrastination with a correlation value score of 0.173. The correlation value is between 0,00 – 0,199 which means that it has a relationship but is very low. The results of other studies also have a relationship between self-efficacy and academic procrastination with a score of 0.171. Shows that the correlation value is between 0,00 – 0,199 which means that the relationship between self-efficacy and procrastination has a relationship but at a very low level. There is a jointly significant relationship between self-concept and self-efficacy variables with academic procrastination with a correlation value of 1. If you look at the correlation value, it is between 0,80 - 1,000 which states that the relationship between the two independent variables and the dependent variable is very strong, meaning that The better the self-concept and self-efficacy possessed by students, the procrastination will be controlled.