Partisipasi Siswa SMAN 1 Waru Terhadap Pembelajaran PJOK Secara Daring
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan pembelajaran dengan tiga aspek yaitu aspek kognitif, aspek motorik, aspek afektif dan di masa pandemi ini pembelajaran dilakukan secara daring. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui partisipasi peserta didik SMAN 1 Waru terhadap pembelajaran pendidikan olahraga secara daring dengan menggunakan aplikasi yang tersedia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis deskriptif dengan jumlah responden sebanyak 111 siswa memakai teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan melalui google form. Di dalam angket tersebut terdapat sebanyak 21 pernyataan yang sudah di uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisa data yang digunakan kali ini yaitu berdasarkan Skala Likert untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi siswa terhadap berbagai pernyataan yang diberikan, dengan menggunakan empat pilihan jawaban untuk mengetahui partisipasi siswa tersebut. Hasil penelitian ini adalah penelitian yang diperoleh melalui analisa Skala Likert cukup positif dengan partisipasi siswa sebesar 52% siswa SMAN 1 Waru selalu berpartisipasi, 28% sering berpartisipasi, 16% jarang berpartisipasi, 4% tidak pernah berpartisipasi. Menurut hasil yang telah diperoleh dalam penelitian kali ini dapat diambil kesimpulan bahwa partisipasi siswa SMAN 1 Waru terhadap pembelajaran yang dilaksanakan secara daring menunjukkan persentase lebih banyak “selalu” berpartisipasi mengikuti pembelajaran dengan jumlah populasi sebanyak 200 siswa SMAN 1 Waru.
Physical Education, Sports and Health are learning with three aspects, cognitive aspect, motoric aspect, affective aspect and during this pandemic it is carried out online. The purpose of this study was to determine the participation of students in SMAN 1 Waru in learning sports education online by using available applications. This study uses quantitative research with descriptive analysis method with 111 students as respondents using cluster random sampling technique. This research instrument uses a questionnaire, and also through a google form. In the questionnaire, there are 21 statements that have been tested for validity and reliability. The data analysis technique used this time is based on a Likert Scale to measure student’s attitudes, opinions and perceptions of the various statements given, using four answer choices to determine student’s participation. The result of this study obtained through the Likert Scale analysis were quite positive, with the participation of 52% SMAN 1 Waru students always participating, 28% often participating, 16% rarely participating, 4% never participating. Based on the results obtained in this study, it can be concluded that the participation of SMAN 1 Waru students in online learning shows a higher percentage of "always" participate in learning with a population of 200 students of SMAN 1 Waru.