Analisis Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa
Analysis Of Jigsaw Cooperative Learning Methods To Improve Student Activity And Learning Outcomes
Abstrak
Revolusi industri 4.0 di abad ke-21 ini menuntut Negara untuk lebih meningkatkan lagi kualitas SDM agar bisa bersaing dengan Negara lain. Bangsa indonesi perlu ikut kontribusi terhadap perkembangan global ini untuk menjaga eksistensi negara. Perubahan di sector pendidikan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas SDM. Hasil belajar dan keaktifan siswa masih belum menunjukan hasil seperti yang diharapkan. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat atau sesuai. Dilihat dari proses pembelajaran yang masih konvensional dan kurang maksimal dalam menggunakan sarana prasarana atau alat peraga. Untuk meningkatakan hasil belajar dan keaktifan siswa perlu diadakan perubahan metode belajar yang tepat. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa itu sendiri, oleh karena itu selama proses pembelajaran berlangsung keterlibatan siswa secara aktif dalam menyelesaikan tugas maupun berdiskusi kelompok akan menunjang pencapaian belajar sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga upaya yang perlu dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan metode jigsaw. Tujuan artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam menyusun artikel ilmiah ini adalah studi literatur dengan cara mengumpulkan literatur yang relevan berdasarkan topik yang ditentukan. Selanjutnya semua data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian artikel ilmiah ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif metode jigsaw dapat meningkatkan keaktifan siswa rata-rata 21,9% dan meningkatkan hasil belajar siswa rata-rata 18,82%,.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Metode Pembelajaran Jigsaw , Keaktifan dan Hasil Belajar
Abstract
The industrial revolution 4.0 in the 21st century requires the state to further improve the quality of human resources in order to compete with other countries. The Indonesian nation needs to contribute to this global development in order to maintain the existence of the country. Changes in the education sector are one way to improve the quality of human resources. The results of learning and student activity have not shown the expected results. This is because the learning method used is not appropriate or appropriate. Judging from the learning process that is still conventional and less than optimal in using infrastructure or teaching aids. To improve learning outcomes and student activity, it is necessary to change appropriate learning methods. Student activity in the learning process is very influential on student learning outcomes themselves, therefore during the learning process active student involvement in completing assignments and group discussions will support learning achievement as expected. So the effort that needs to be done in improving student learning outcomes and activeness is to use a cooperative learning model with the jigsaw method. The purpose of this scientific article is to find out whether the cooperative learning model using the jigsaw method can improve student activity and learning outcomes. The method used in compiling this scientific article is a literature study by collecting relevant literature based on the specified topic. Furthermore, all the data collected were analyzed using descriptive analysis techniques. The results of this scientific article research are the application of the jigsaw method of cooperative learning model can increase student activity an average of 21.9% and increase student learning outcomes an average of 18.82%.
Keywords: Cooperative Learning Model, jigsaw Method, Activation and Learning Results