KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM MEMBUAT APPLET GEOGEBRA UNTUK MATERI ALJABAR
STUDENTS' CREATIVITY IN MAKING GEOGEBRA APPLET FOR ALGEBRA MATERIAL
Kreativitas penting dimiliki siswa untuk menyelesaikan dan mencari solusi dari permasalahan yang dihadapinya di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas dan proses kreatif siswa dengan tingkat kreativitas tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek yang digunakan adalah satu kelas siswa kelas XI yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Selanjutnya, subjek dikelompokkan berdasarkan tingkat kreativitas tinggi, sedang, dan rendah lalu dipilih 6 subjek dengan 2 subjek di setiap tingkatan yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk diwawancarai. Teknik pengambilan data menggunakan tugas membuat applet Geogebra dan wawancara terkait proses kreatif siswa dalam membuat applet Geogebra. Teknik analisis data menggunakan metode analisis dokumen dengan indikator kreativitas sebagai produk untuk mengungkap kreativitas siswa dan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman untuk mengungkap proses kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil produk applet Geogebra yang dihasilkan siswa berbeda-beda pada setiap tingkatan. Semakin tinggi tingkatnnya, applet Geogebra yang dihasilkan siswa semakin detail dalam merepresentasikan pemahamannya dan semakin kompleks dalam penggunaan tools dalam applet Geogebra, banyak memberikan unsur kebaruan dari contoh yang diberikan, sesuai dengan tugas, dan efektif dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Selanjutnya, proses kreatif siswa dengan tahap mensintesis ide, membangun ide, merencanakan penerapan ide, dan menerapkan ide pada tiap tingkatannya memiliki proses yang berbeda. Siswa dengan kreativitas tinggi melalui setiap tahapan proses kreatif dengan baik dan melakukan pengulangan pada beberapa tahapan untuk menghasilkan applet Geogebra seperti pada tugas. Sedangkan siswa dengan kreativitas sedang dan rendah kurang baik dalam melalui setiap tahapan proses kreatif.
Creativity is important for students to find solutions to their problems. This research aims to describe the creativity and creative process of students with high, medium, and low levels of creativity. This research uses a qualitative approach with a case study type of research. The subjects used were one class XI students selected using purposive sampling techniques that were grouped based on high, medium, and low levels of creativity. Then, 2 subjects at each level were interviewed. The data collection technique uses assignments to make Geogebra applets and interviews related to students' creative processes. The data analysis technique uses document analysis methods to reveal student creativity and uses the interactive model to reveal students' creative processes. The research results show that the Geogebra applet products produced by students are different at each level. The higher the level, the Geogebra applets are detailed in representing their understanding and the more complex the use of tools in the Geogebra applet, providing many elements of novelty from the examples given, appropriate to the task, and effective in achieving the set goals. Furthermore, the student's creative process with the stages of synthesizing ideas, building ideas, planning the implementation of ideas, and implementing ideas at each level has a different process. High creativity students go through each stage of the creative process well and repeat several stages to produce the Geogebra applet as in the assignment. Meanwhile, students with medium and low creativity are not good at going through each stage of the creative process.