Implementation of Markerless Augmented Reality in the Hockey Sports Equipment Recognition Application Using the Android Based User Defined Target Method
Hockey merupakan salah satu olahraga yang telah dimainkan di Indonesia, namun olahraga ini masih belum cukup populer dan alat – alat olahraga hockey juga masih jarang ditemui di toko olahraga pada umumnya, untuk itu perlu dilakukan pengenalan terhadap olahraga hockey agar masyarakat tertarik untuk mulai memainkan olahraga ini. Adapun salah satu cara pengenalan olahraga ini dapat memanfaatkan teknologi augmented reality dengan demikian masyarakat dapat mengenal olahraga ini dengan efisien dan fleksibel. Salah satu metode untuk menampilkan objek augmented reality yaitu menggunakan markerless dengan teknik user defined target. Pada aplikasi dilakukan pengujian akurasi menggunakan pertimbangkan jarak, intensitas cahaya dan target yang akan dijadikan marker. Adapun hasil dari pengujian pada sudut, aplikasi dapat menampilkan objek 3D pada target gelap dengan kontras menggunakan sudut baca minimal 0° dan maksimal 45° dan target terang dengan kontras dengan sudut baca minimal 0° dan maksimal 45°. Pada pengujian jarak, aplikasi mampu menampilkan objek 3D terhadap target gelap dengan kontras pada jarak 50 cm hingga 70 cm dan target terang dengan kontras pada jarak 50 cm hingga 70 cm. Pada pengujian intensitas cahaya, aplikasi dapat menampilkan objek 3D pada target gelap dengan kontras ketika intensitas cahaya berada pada minimal 70 lux dan maksimal 1000 lux dan target terang dengan kontras ketika intensitas cahaya berada minimal 70 lux dan maksimal 1000 lux. Berdasarkan hasil kuesioner didapatkan bahwa aplikasi ini sangat layak dengan nilai sebesar 88%.
Hockey is one of the sports that has been played in Indonesia, but this sport is still not popular enough and hockey sports equipment is also rarely found in sports shops in general, for that it is necessary to introduce hockey so that people are interested in starting to play the sport this. One way to introduce this sport is to utilize augmented reality technology so that people can get to know this sport efficiently and flexibly. One method for displaying augmented reality objects is using markerless with user defined target techniques. In the application, accuracy testing is carried out using distance, light intensity and the target to be used as a marker. As for the results of testing at an angle, applications can display 3D objects on dark targets with contrast using a minimum reading angle of 0° and a maximum of 45° and light targets with contrast with a minimum reading angle of 0° and a maximum of 45°. In testing the distance, the application is able to display 3D objects against dark targets with contrast at a distance of 50 cm to 70 cm and bright targets with contrast at a distance of 50 cm to 70 cm. In testing light intensity, the application can display 3D objects on dark targets with contrast when the light intensity is at a minimum of 70 lux and a maximum of 1000 lux and on bright targets with contrast when the light intensity is at least 70 lux and a maximum of 1000 lux. Based on the results of the questionnaire, it was found that this application was very feasible with a value of 88%.