Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kebutuhan sebuah media promosi dan edukasi terhadap destinasi yang tersebar di kota Surabaya, karena buku panduan wisata yang sudah pernah ada memiliki beberapa catatan sehingga diperlukan penyempurnaan yaitu melalui buku panduan yang baru dengan tujuan untuk mengembangkan buku panduan wisata menggunakan ilustrasi. Sebagai usaha untuk mengenalkan dan mengedukasi wisatawan terhadap destinasi wisata yang ada di kota Surabaya khususnya wisata heroisme, serta untuk mengetahui kelayakan buku panduan wisata kota Surabaya bagi masyarakat dan wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan sumber data berasal dari wawancara secara langsung kepada pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, observasi secara langsung serta data dari internet. Hasil dari penelitian ini melalui penilaian dari validator desain, materi, dan kebahasaan menunjukkan bahwa buku panduan wisata heroisme mendapatkan hasil dengan presentase sebesar 92,68%. Sehingga buku panduan wisata ini sangat layak dan dapat digunakan tetapi masih memerlukan revisi kecil.
Kata kunci: buku panduan, ilustrasi, perancangan, Surabaya, wisata heroisme.
This research is motivated by the need for a media promotion and education of destinations scattered in the city of Surabaya, because the tourism guide that already exists has several records so that improvements are needed through a new guidebook with the aim to develop a tourist guide book using illustrations. As an effort to introduce and educate tourists to tourist destinations in the city of Surabaya, especially heroism tourism, and to find out the feasibility of Surabaya city tourism guidebooks for the public and tourists. This study uses research and development methods with data sources derived from interviews directly to the Surabaya City Culture and Tourism department, direct observation and data from the internet. The results of this study through the evaluation of the design, material, and language validators show that the heroism tourism guide book gets results with a percentage of 92.68%. So this travel guide book is very feasible and can be used but still requires a small revision.
Keywords: design, guidebook, heroism tourism, illustration, Surabaya.