PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI, SANITASI, DAN PERAWATAN GEDUNG
DEVELOPMENT OF TUTORIAL VIDEOS AS LEARNING MEDIA ON ESTIMATED COST OF CONSTRUCTION, SANITATION, AND BUILDING MAINTENANCE SUBJECT
Estimasi Biaya Konstruksi, Sanitasi, dan Perawatan Gedung merupakan mata pelajaran produktif pada SMK kompetensi keahlian KGSP di SMKN 5 Surabaya. Salah satu materi pada mata pelajaran tersebut adalah time schedule dan kurva S pada pekerjaan konstruksi. Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran ini kurang memanfaatkan teknologi yang tersedia. Media yang digunakan pendidik hanya ceramah, menggunakan papan tulis, dan proyektor yang terhubung dengan laptop. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis video tutorial menggunakan aplikasi VideoScibe. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan, kelayakan oleh para ahli, dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi, Sanitasi, dan Perawatan Gedung.
Penelitian pengembangan video tutorial ini menggunakan model penelitian 4D dari Thiagarajan dan Semmels (1974) yaitu: (1) Define, menganalisis permasalahan untuk mendapatkan informasi sebagai acuan perancangan media pembelajaran; (2) Design, membuat rancangan awal produk yang dikembangkan dengan aplikasi VideoScribe; (3) Develop, melakukan uji kelayakan atau validasi oleh para ahli dan melakukan uji coba kepada peserta didik kemudian melakukan perbaikan/revisi produk tersebut; (4) Disseminate, menyebarluaskan produk. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan penyebaran angket. Angket validasi perangkat pembelajaran diisi oleh para ahli atau validator yakni satu dosen S1 Pendidikan Teknik Bangunan Unesa dan pendidik mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi, Sanitasi, dan Perawatan Gedung kelas XII KGSP SMKN 5 Surabaya. Angket respon peserta didik diisi oleh 32 peserta didik kelas XII KGSP SMKN 5 Surabaya.
Hasil kelayakan perangkat pembelajaran untuk Silabus mendapatkan persentase 95,83% dengan kriteria “Sangat Layak”, kelayakan RPP mendapatkan persentase 94,38% dengan kriteria “Sangat Layak”, kelayakan angket respon peserta didik mendapatkan persentase 93,75% dengan kriteria “Sangat Layak”, kelayakan media pembelajaran pertemuan 1 mendapatkan persentase 94,38% dengan kriteria “Sangat Layak”, kelayakan media pembelajaran pertemuan 2 mendapatkan persentase 95% dengan kriteria “Sangat Layak”, kelayakan media pembelajaran pertemuan 3 mendapatkan persentase 95,63% dengan kriteria “Sangat Layak”. Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran pada penelitian ini layak diujicobakan. Hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran video tutorial pada pertemuan 1 mendapatkan persentase 80,27% dengan kriteria “Sangat Layak”, pada pertemuan 2 mendapatkan persentase 80,20% dengan kriteria “Sangat Layak”, dan pada pertemuan 3 mendapatkan persentase 86,09% dengan kriteria “Sangat Layak”. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran ini sangat layak digunakan untuk pembelajaran pada materi time schedule dan kurva s mata pelajaran estimasi biaya konstruksi, sanitasi, dan perawatan gedung.
Kata Kunci: video tutorial, videoscribe, kelayakan, respon peserta didik.
Estimated cost of construction, sanitation, and building maintenance are productive subject in KGSP department of SMKN 5 Surabaya. One of the materials in this subject is time schedule and S curve in construction work. In this subject, is less used technology of learning media. The teacher used the media is only explain with whiteboard and projector connected to PC. This research is developing of tutorial videos as learning media with VideoScribe application. The purpose of this research for knowing the development procedure, eligibility by the experts, and students response to tutorial videos as learning media on estimated cost of construction, sanitation, and building maintenance subject.
This development research of tutorial videos is used 4D research model from Thiagarajan & Semmels (1974): (1) Define, problem analize to get information for learning media design references; (2) Design, to create preliminary product design with VideoScribe application; (3) Develop, do eligibility test or validation by the experts and do trials on student, then doing some revision for the products; (4) Disseminate, distribute the product. Data collection performed with observe, interview, and questionnaire distribution. Validation questionnaire filled by the expert, namely one lecturer from S1 PTB Unesa and one teacher from estimated cost of construction, sanitation, and building maintenance subject grade XII KGSP in SMKN 5 Surabaya. Student response questionnaire filled by 32 students from grade XII KGSP in SMKN 5 Surabaya.
Learning device eligibility test for syllabus get 95,83% with “very reasonable” criteria, eligibility test for RPP get 94,38% with “very reasonable” criteria, eligibility test for student response questionnaire get 93,75% with “very reasonable” criteria, eligibility test for tutorial videos as learning media at 1st meet get 94,38% with “very reasonable” criteria, at 2nd meet get 95% with “very reasonable” criteria, and at 3rd meet get 95,63% with “very reasonable” criteria. The conclusion is learning device for this research is very reasonable for trial. Student response result on tutorial videos as learning media at 1st meet get 80,27% with “very reasonable” criteria, at 2nd meet get 80,20% with “very reasonable” criteria, and at 3rd meet get 86,09% with “very reasonable” criteria. The conclusion is this learning media very reasonable to use for time schedule and S curve material in estimated cost of construction, sanitation, and building maintenance subject.
Keyword: tutorial video, videoscribe, eligibility, students response