MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN KUIS UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
ENHANCING READING SKILLS BY USING QUIZIZZ FOR VOCATIONAL SCHOOL STUDENTS
Abstrak
Ada masalah bahwa siswa jurusan elektro di SMKN 3 Surabaya memiliki masalah dalam keterampilan membaca. Oleh karena itu, penelitian ini menyelidiki bagaimana cara kerja Quizizz untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sehingga hasil dari penelitian ini mendeskripsikan respon peserta terhadap Quizizz sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Selain itu, terdapat data yang berisi perbandingan penilaian tentang tugas membaca teks yang dilakukan tanpa Quizizz dan menggunakan Quizizz. Partisipan dari penelitian ini adalah siswa jurusan Teknik Audio Video (TAV) di SMKN 3 Surabaya dan guru bahasa Inggris mereka. Kuesioner untuk siswa berbeda dengan kuesioner untuk guru bahasa Inggris mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Quizizz cukup membantu siswa SMK untuk meningkatkan kemampuan membaca mereka.
Kata Kunci: Keterampilan membaca, Kuis, Siswa SMK.
Abstract
There is a problem that students of electro department in SMKN 3 Surabaya have an issue in reading skill. Therefore, this study investigated how Quizizz work to enhance vocational school students’ reading skills. This study is done in qualitative research, so the result of this study describes the participants’ responses of Quizizz as a learning media to enhance students’ reading skills. In addition, there is a data contains the comparison of assessment about reading text assignment which is done without Quizizz and using Quizizz. The participants of this study are electro department students (TAV) in SMKN 3 Surabaya and their English teacher. The questionnaire for students is different with the questionnairer for their English teacher.The result shows that Quizizz quite helps vocational school students to enhance their reading skills.
Keywords: Reading skill, Quizizz, Vocational School student.